get app
inews
Aa Read Next : Diduga Akibat Hubungan Arus Pendek, Toko Alat Rumah Tangga di Ambarawa Terbakar

Puluhan Rumah dan Satu Sekolah di Kabupaten Semarang Rusak Diterjang Puting Beliung

Rabu, 19 Januari 2022 | 07:54 WIB
header img
Seorang warga saat menyaksikan rumahnya yang rusak akibat diterjang angin puting beliung. Foto: iNewsTV/Lurisa Lulu

SEMARANG, iNews.id – Sebanyak 21 bangunan rumah dan satu sekolah di Desa Jetak, Kecamatan Getasan rusak akibat diterjang angin kencang yang disertai hujan lebat mengguyur Kabupaten Semarang pada , Selasa (18/1/2022). Bahkan satu unit rumah rusak berat akibat tertimpa pohon besar yang ikut tumbang.

 

Akibat bencana tersebut satu orang warga mengalami patah tulang punggung karena tertimpa atap rumah. Korban telah di larikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Tiupan angin kencang mirip puting beliung yang menyapu desa tersebut membuat kerusakan pada bangunan rumah, menumbangkan pohon dan tiang listrik hingga berdampak pada terganggunya aliran listrik di sejumlah wilayah di Kabupaten Semarang.

Menurut warga, bencana alam terjadi pada Selasa siang (18/1/2022) saat sebagian warga masih beraktivitas di luar rumah.  “Terjadi siang hari, kejadiannya cepat sekitar 5 menit, angin disertai hujan lebat, akibatnya puluhan rumah rusak, sekolah, pohon tumbang bahkan tiang listrik juga ikut tumbang,” kata salah seorang warga Desa Jetak, Tukimin.

Pihak kecamatan setempat mengaku telah melakukan pendataan dan menghitung kerugian materil dan korban luka. Data yang dihimpun selanjutnya telah di laporkan ke Bupati Semarang dan pihak pihak terkait agar bisa menyalurkan bantuan.

Camat Getasan, Istichomah mengatakan, pertama yang dilakukan adalah pendataan yang terdampak dan korban untuk mendapatkan bantuan.  “Kita sudah melaporkan ke bupati dan pihak-pihak terkait,” kata Camat Getasan, Istichomah.

Hingga Selasa sore (18/1/2022), beberapa bangunan rumah masih belum diperbaiki dan tidak bisa lagi ditempati. Para penghuni rumah terpaksa mengungsi di tempat kerabat atau tetangga yang rumahnya selamat dari terjangan angin.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut