get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswi Cantik Ini Gelapkan Belasan Laptop demi Biayai Pacar yang Kecanduan Judi Online

Cara Mudah Screenshot di Laptop Semua Merek

Senin, 21 Agustus 2023 | 10:05 WIB
header img
Cara Screenshot di Laptop. (Foto: Windows/Unsplash)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Mengambil screenshot di laptop merupakan keterampilan yang bermanfaat untuk dikuasai. Tindakan ini sering digunakan saat kita ingin dengan mudah membagikan apa yang ada di layar kepada orang lain.

Bukan hanya itu, screenshot juga berguna untuk menyimpan percakapan penting, bukti pembayaran, atau transaksi lainnya. Tidak hanya pada perangkat ponsel, fitur screenshot juga dapat digunakan oleh pengguna laptop.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot di laptop, seperti yang dilansir dari berbagai sumber pada Senin (21/8/2023).

Cara Screenshot di Laptop Semua Merek

1. Menggunakan tombol PrtSc

Cara paling mudah untuk melakukan screenshot pada laptop adalah dengan menekan tombol PrtSc. Jika ingin menggunakan tombol ini, pastikan pengguna telah membuka layar yang hendak ditangkap di laptop.

Kemudian, tekan tombol PrtSc untuk melakukan screenshot. Jika ingin menampilkan hasilnya, tekan tombol Ctrl + V di Ms. Word atau aplikasi lain.

2. Menggunakan tombol Alt + PrtSc

Selain cara pertama, tombol Alt + PrtSc juga bisa digunakan untuk melakukan screenshot. Namun jika memanfaatkan kedua tombol ini, layar yang ditangkap adalah jendela yang aktif.

Latar atau background tidak akan diikut sertakan. Sedangkan untuk menampilkan hasil tangkapan layarnya, tekan tombol Ctrl + V pada Ms. Wors atau aplikasi lain.

3. Menggunakan tombol Windows + Shift + S

Tombol Windows + Shift + S kerap disebut sebagai metode ship and sketch. Tombol tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan screenshot.

Pengguna hanya perlu menekan ketiga tombol itu secara bersamaan. Dari sana, akan muncul jendela baru yang dapat digunakan untuk menangkap layar.

4. Menggunakan Snipping Tool

Snipping tool merupakan aplikasi bawaan Windows yang berfungsi untuk melakukan screenshot. Adapun panduan menggunakan Snipping Tools adalah sebagai berikut.

Buka layar yang hendak di-screenshot.

Buka Snipping Tool melalui menu Start. 

Jika sudah, klik opsi New.

Saat Snipping Tool muncul, layar akan menggelap dan lakukan pemotongan pada area yang dikehendaki.

Klik ikon Pen untuk melakukan sensor.

Jika sudah, simpan hasil tangkapan layar dengan klik ikon Save.

Hasil screenshot tersimpan di folder.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut