get app
inews
Aa Read Next : Banyak Barang Pekerja Migran Menumpuk di TPS JKS Semarang, Kepala BP2MI Mencak-mencak

Melalui Berbagai Perlombaan, Disnaker Kendal Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme PMI

Rabu, 23 Agustus 2023 | 17:34 WIB
header img
Dispernaker Kendal ajak PMI meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 dengan berbagai perlombaan.(ist)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Melalui berbagai macam perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kendal berupaya untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme para calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Kendal. Upaya ini dilakukan Disperinaker Kendal dengan menggandeng Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) dan LPKS.

Kepala Disperinaker Kendal, Cicik Sulastri mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi untuk membangun motivasi dan semangat para calon PMI. 

Dirinya berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti hanya saat memperingati HUT Kemerdekaan RI saja.

"Kami mengimbau bahwasannya kolaborasi ini tidak hanya sampai disini saja. Tapi kolaborasi ini adalah semangat untuk mewujudkan apa yang menjadi visi misi bupati yaitu mewujudkan SDM yang handal," harapnya.

Cicik berharap, calon PMI Kendal siap bekerja sesuai skill dan kompetensi yang telah diberikan saat pelatihan. Selain itu pihaknya juga terus melaksanalan sosialisasi terkait prosedur yang resmi bagi calon PMI.

"Saran kami bagi calon PMI harus mengikuti prosedural yang resmi. Jangan sampai karena ketidaktahuan mereka akhirnya menjadi PMI ilegal. Itu yang tidak kami inginkan," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Yuyun Junaidi mengatakan, kegiatan ini digelar selama dua hari tanggal 22 - 23 Agustus 2023. 

"Kegiatan ini digelar dalam dua hari dari kemarin dan sekarang puncaknya dengan dilaksanakan senam dan pembagian hadiah," ujarnya.

Ditambahkan, ada sekitar seribu peserta yang ikut dalam tujuh lomba yakni merias wajah dengan mata tertutup, estafet tepung, memakai celana tanpa menggunakan tangan.

"Makan kerupuk, karaoke, memasukan paku kedalam botol, dan terakhir pecah air," tambahnya.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut