get app
inews
Aa Read Next : Kapan Malam Nuzulul Qur'an 2024? Ini Jadwalnya Versi Kemenag dan Muhammadiyah

Makin Lebar, Kerja Sama Kemenag dengan Central Queensland University Australia

Jum'at, 08 September 2023 | 14:04 WIB
header img
Kemenag tandatangani kesepakatan kerjasama dengan Central Queensland University (CQU) Australia. Foto ist.

Jakarta. iNewsSemarang.id - Untuk memperkuat tri dharma perguruan tinggi, kerjasama antara kementerian Agama (Kemenag) RI dengan Central Queensland University (CQU) Australia yang awalnya terfokus pada pemberian beasiswa kuliah di Australia bagi civitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), kini diperluas mencakup banyak bidang.

Tim dari Kemenag, dalam hal ini Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani menandatangani pembaruan perjanjian kerjasama/Memorandum of Understanding (MoU) dengan perwakilan kampus tersebut yaitu Rektor (Vice Chancellor and President) Central Queensland University (CQU) Australia, Nick Klomp,  

 Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, PTKI sangat ingin bekerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri yang memiliki reputasi global. Kerja sama tersebut diharapkan dapat direalisasikan sesegera mungkin agar peningkatan mutu kampus lebih cepat.

"Kami ingin kerja sama ini dapat segera diimplementasikan, kalau perlu tahun ini dapat dilaksanakan. Minimal pada tahun ini sudah mulai dilakukan persiapan dan tahun depan dapat terwujud," jelasnya di Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Kerjasama tak sebatas pemberian beasiswa

Semantara itu, Direktur Diktis Ahmad Zainul Hamdi, memerinci komponen kerja sama dua pihak. Menurutnya, kerja sama Diktis dan CQU Australia tidak sebatas pemberian beasiswa S3 (doktoral), namun juga semua kerjasama akademik. Misalnya, joint degree, joint research, visiting professor, student mobility dan lainnya.

"Kami ingin kerja sama ini dibuat lebih luas, bukan saja soal beasiswa, tetapi kerjasama akademik yang lain, sehingga MoU ini mencakup MOSMA (MORA Overseas Student Mobility Award); Degree Programs (Undergraduate, Master, and Ph.D); Exchange student; Visiting professorship; joint research; dan Double degree,” jelasnya.

Saat ini terdapat 11 mahasiswa yang menerima beasiswa program doktoral (Ph.D), yang saat ini sedang menyelesaikan studinya di CQU.

Hadir dalam penandatanganan MoU, President CQU Indonesia Pierre Vijoen, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Thobib Al-Asyhar, Kasubdit Ketenagaan Ruchman Basori, dan Kasubdit Litapdimas Muhammad Aziz Hakim. Kesepakatan kerjasama ini juga telah dipersiapkan oleh para Kepala Sub Direktorat (Kasubdit), termasuk Kasubdit Pengembangan Akademik Abdullah Faqih dan Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Shoib Nur.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut