get app
inews
Aa Read Next : Cari Bibit Atlet Muda, SeaDoo Safari Semarang Gelar Kompetisi Jet Ski di Pantai Marina

Ciptakan Pasta Gigi Berbasis Minyak Kelapa, Caca Raih Medali Emas di Ajang IIIEX 2023

Kamis, 28 September 2023 | 11:54 WIB
header img
Rahima Carissa (tengah) bersama kedua orangtuanya menunjukkan medali emas yang ia dapatkan dalam ajang IIIEX 2023. (iNews.id / Mualim)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Rahima Carissa Kurniasukma Putri (14), siswi kelas IX H SMP Negeri 2 Semarang menorehkan banyak prestasi membanggakan di kancah Internasional melalui penelitian karya ilmiahnya. 

Terbaru, Caca panggilan akrabnya berhasil membawa pulang medali emas pada ajang kompetisi Indonesia International Invention Expo 2023 melalui karya ilmiahnya berupa pasta gigi berbasis minyak kelapa murni, baking soda sama Himalaya salt (garam himalaya) yang diselenggarakan oleh Indonesian Youth Scientist Association (IYSA) di Politeknik Negeri Semarang (Polines) pada 25-28 Agustus 2023 lalu.

"Saya melakukan riset atau penelitian buat gigi, zat-zat yang diperlukan gigi, PH yang diperlukan gigi agar tidak terjadi karies. Itu dilakukan untuk mencegah karies gigi pada anak yang disebabkan oleh mengendapnya zat asam pada gigi," kata Caca di Semarang, Rabu (27/9/2023) malam.

Dalam kompetisi tersebut, Caca berhasil menyingkirkan 200 an peserta yang berasal dari beberapa Negara di dunia termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Amerika, Brasil dan lainnya.

Produk pasta gigi itu ia ciptakan berawal dari minatnya melakukan penelitian terhadap hal-hal baru yang ia dapatkan dari beberapa sumber. Selain pasta gigi, Caca juga pernah memenangkan beberapa kompetisi karya ilmiahnya melalui produk minuman herbal.

Sejak kelas 7 SMP hingga saat ini, Caca sudah berhasil memboyong 6 medali yang ia dapatkan dari beberapa kompetisi diantaranya di ajang Asean Innovative Science Environment and Entrepreneur Fair (AISEEF), Indonesia International Invention Expo (IIIEX) dan Youth Internasional Science Fair (YISF).

"Jadi saya mengikuti lomba penelitian karya ilmiah yang diselenggarakan oleh IYSA (Indonesian Young Scientist Association) itu dilakukan setiap bulannya ada event atau perlombaan. Tapi saya ngikutnya beberapa lomba karena saya sudah kelas IX di SMPN 2," ucapnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut