get app
inews
Aa Read Next : Pastikan Pemudik Tetap Aman, BMKG Siap Modifikasi Cuaca saat Libur Lebaran 2024

BMKG: El Nino Masih Berlangsung hingga Awal Tahun 2024

Jum'at, 29 September 2023 | 07:57 WIB
header img
Ilustrasi kekeringan dampak El Nino. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kemarau panjang tengah melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia. Menurut prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kemarau panjang atau yang biasa sisebut fenomena El Nino itu masih berlangsung hingga awal tahun 2024.

"Sesuai prediksi BMKG, El Nino masih berlangsung hingga awal tahun 2024," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto saat dikonfirmasi, Jumat (29/9/2023).

Guswanto menjelaskan, berhentinya musim kemarau tidak bersamaan di seluruh wilayah Tanah Air. Ada wilayah-wilayah yang masih jarang mendapatkan hujan.

"Musim kemarau berhentinya seiring dengan dimulainya musim hujan, awal musim hujan 2023/2024 tidak bersamaan di seluruh Indonesia," ujar Guswanto.

BMKG mengungkapkan suhu udara maksimum di sejumlah wilayah Indonesia mencapai 35-37 derajat celsius. Hal itu terjadi dalam 10 hari terakhir.

Sejumlah wilayah yang berada di bagian selatan garis khatulistiwa termasuk Jakarta masih masuk musim kemarau. Tak hanya itu, fenomena El Nino pun menjadi salah satu penyebab pembentukan awan hujan relatif rendah.

"Pengaruh El Nino dan IOD positif menyebabkan potensi pembentukan awan hujan relatif menjadi lebih rendah," kata Guswanto.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut