get app
inews
Aa
Read Next : 7 Pantangan Saat Imlek, Nomor 3: Dilarang Mencuci Pakaian

Jelang Imlek, Perajin Patung Dewa di Jepara Kebanjiran Pesanan

Kamis, 27 Januari 2022 | 14:26 WIB
header img
Perajin patung dewa di Kabupaten Jepara saat menyelesaikan pesanan jelang perayaan Imlek. Foto: iNews/Alip Sutarto

JEPARA, iNews.id – Menjelang perayaan Hari Raya Imlek pada awal bulan Februari mendatang, sejumlah perajin patung dewa di Kabupaten Jepara mulai kebanjiran pesanan.

Salah satunya, Sumarno (53 tahun), perajin patung di Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Dia mengaku mendapatkan pesanan sebanyak 20 patung.

Pesanan itu datang dari berbagai daerah, antara lain berasal dari Bangka Belitung, Bagansiapiapi, Makassar, Jakarta, dan Bandung. Walhasil, dia bersama lima pekerja mengebut pengerjaan pesanan tersebut.

“Peningkatan pesanan menyusul adanya pelonggaran PPKM. Pandemi Covid-19 sempat membuat pesanan sepi,” kata Sumarno, Kamis (27/1/2022).

Jenis pesanan yang masuk di antaranya pembuatan patung Buddha, Dewa Kwan Kong, Dewi Kwan Im, hingga Dewa Hok Tek Ceng Sin.


Penggarapan patung dewa berbahan dari kayu ini memerlukan waktu sekira 6 bulan. Pemesanan untuk momen Imlek tahun ini sudah dilakukan sejak tahun kemarin. Foto: Ist

Pemilik Tatah Antik itu menceritakan proses pembuatan patung yang membutuhkan waktu relatif lama. Prosesnya yang rumit dan detail bentuk patung mempengaruhi durasi penggarapan. Waktu yang diperlukan kurang lebih 6 bulan.

Karena itu, untuk pemesanan khusus momentum Imlek tahun ini, pemesanan sudah dilakukan sejak tahun lalu.
Untuk harganya, Sumarno mematok harga patung dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Menurutnya harga disesuaikan dengan jenis kayu, ukuran serta tingkat kerumitan.

"Patung ukuran terkecil 30cm sekira Rp 1 juta, yang paling besar ukuram 2,40 cm  harganya sekira Rp75 juta," kata dia.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut