get app
inews
Aa Read Next : Update, 12.000 Kendaraan Masuk ke Semarang via GT Kalikangkung Usai Berlaku One Way

Gus Yaqut Buka Kejurnas Wing Chun Indonesia 2023 di UIN Walisongo Semarang

Sabtu, 11 November 2023 | 09:30 WIB
header img
Ketua Umum Federasi Wing Chun Indonesia yang juga Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas membuka Kejurnas Wing Chun bertempat di Auditorium Kampus 3 UIN Walisongo Semarang pada Jumat 10 November 2023 malam. (iNews.id / Mualim)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) sekaligus Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Wing Chun Indonesia resmi dibuka oleh Ketua Umum yang juga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertempat di Auditorium II Kampus 3 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Jumat (10/11/2023) malam.

Kejurnas Wing Chun 2023 tersebut diikuti 334 peserta dari 22 Provinsi dan berlangsung selama tiga hari mulai Jumat 10 November 2023 sampai Minggu 12 November 2023.

Di sana, Gus Yaqut sapaan akrab Menteri Agama menggandeng para juara dunia Wing Chun yang mengharumkan nama Indonesia. Ia optimistis jika di masa depan Wing Chun akan menjadi olahraga beladiri yang mandiri dan kompetitif. 

"Atlet-atlet Wing Chun Indonesia telah berhasil menjadi juara dunia. Karena sudah menelurkan juara dunia, kami mentargetkan menjadi federasi yang terpisah dari Wu Shu," terangnya.

Gus Yaqut menegaskan alasan dirinya mengadakan Rakernas dan Kejurnas tepat pada hari pahlawan tanggal 10 November untuk menunjukkan tekad bulat seperti yang dicontohkan para pahlawan. 

"Kami ingin menunjukkan semangat juang para atlet untuk berkontribusi bagi prestasi olahraga nasional," ujarnya.

Beladiri yang memiliki ikon seperti Bruce Lee dan Ip Man ini memang belum begitu populer di masyarakat. Saat ini, olahraga beladiri Wing Chun masih menginduk di bawah federasi Wu Shu. 

"Saya bersedia dipilih menjadi ketua umum Wing Chun Indonesia karena saya mengidolakan Bruce Lee dan Ip Man," kata Gus Yaqut.

Gus Yaqut memiliki keinginan untuk memisahkan olahraga beladiri Wing Chun dari federasi Wu Shu.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut