get app
inews
Aa Read Next : Momen Lebaran di Jateng dalam Balutan Toleransi Antarumat Beragama

Natal 2024 Dijadikan Momen Merawat Toleransi Demi Kedamaian di Kendal

Senin, 25 Desember 2023 | 19:22 WIB
header img
Forkopimda Kendal melakukan silaturahmi ke sejumlah gereja di wilayah Kabupaten Kendal.(ist)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Momentum perayaan Natal tahun 2024 dijadikan Forum Komunikasi Perangkat Daerah (Forkopimda) Kendal, untuk merawat toleransi dan kebhinekaan. Di momen ini, Forkopimda melakukan silaturahim ke sejumlah gereja di wilayah Kabupaten Kendal.

Silaturahim ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Sugiono, yang diikuti oleh Kepala Satpolkar Kendal, Bambang Djoko Pitono, Kepala Badan Kesbangpol, Alfebian Yulando beserta anggota, Wakapolres Kendal Kompol Edy Sutrisno, Pasi Jaga Kodim Kendal, Kapten Inf. Agus Sulistiyo, Kabag OP Polres Kendal, Abdullah Umar, Perwakilan Dishub Kendal Sofyan, Kepala FKUB, Idris Nur.

Sugiono berharap, pada perayaan Natal tahun ini membawa kedamaian dan kebahagiaan bagi segenap umat Kristen dan Katolik.

"Melalui perayaan Natal ini diharapkan Bapak-Ibu semua menghayati kembali sejarah kelahiran Yesus dan perjalanan hidupnya. Semakin banyak dipelajari semakin nampak kemuliaan dan besar kasih sayangnya kepada umat," katanya, Senin (25/12/2023).

Menurut dia, Kabupaten Kendal adalah wilayah yang toleran menjunjung kebhinekaan dalam keberagaman, kondusif dan tenteram, yang wajib dijaga bersama. 

"Semoga Umat Kristen dan Umat Katolik dapat meneladani dan merefleksikan ajaran kasih Yesus dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu mempererat persaudaraan serta membangun semangat kebersamaan dan toleransi antar pemeluk agama, sehingga tercipta kedamaian dan kasih sayang di Kabupaten Kendal," ujarnya.

Memasuki tahun politik 2024, ia mengajak umat Kristen dan Katolik yang merayakan Natal untuk tidak terpecah-belah karena perbedaan pilihan, kerukunan dan keamanan, serta tidak mudah terprovokasi terhadap fanatisme sempit dan berita-berita palsu atau kampanye hitam yang dapat menimbulkan perpecahan.

Pastur Gereja Santa Kaliwungu, Romo Ignatius Nadi menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Sekda Kendal berserta rombongan atas kunjungannya pada perayaan Natal Tahun 2023 di Gereja Santa Kaliwungu, karena benar-benar membawa kebahagiaan bagi para jemaat.

Sementara, Paulus Pringadi selaku ketua panitia perayaan Natal dan Tahun Baru Gereja Santa Kaliwungu menyampaikan, bawah perayaan berjalan dengan baik dan lancar. 

"Kami sebagai warga Katolik sangat bahagia karena sinergitas semua Stakeholder terkait sangatlah baik, baik Pemkab Kendal, TNI, Polri, maupun organisasi masyarakat bahu membahu ikut menyukseskan perayaan natal," terang dia.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut