get app
inews
Aa Read Next : Rektor Baru Undip Prof Suharnomo Komitmen Tak Naikkan UKT 2024

Sosok Ahmad Syauqy, Cucu Buya Hamka Jadi Dosen FK Undip yang Menekuni Keilmuan Gizi

Kamis, 04 Januari 2024 | 09:16 WIB
header img
Ahmad Syauqy, cucu Buya Hamka yang kini menjadi Dosen Fakultas Kedokteran Undip. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Ahmad Syauqy, S.Gz., M.P.H., Ph.D. adalah salah satu cucu dari pahlawan nasional Indonesia yakni Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau dikenal Buya Hamka. Buya Hamka merupakan tokoh sekaligus ulama yang berpengaruh berkat pemikiran dan pengetahuannya tentang pendidikan, politik, sastra, dan agama. 

Ahmad Syauqy pun turut mengikuti jejak sang kakek dengan mengabdikan diri menjadi dosen Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip), menekuni bidang keilmuan di bidang Gizi, khususnya tentang Pola Diet, Sindrom Metabolik, serta Biostatistik.

“Studi Epidemiologi Gizi saat ini banyak mengalami pergeseran dari yang tadinya hanya melihat satu makanan atau single diet menjadi beberapa jenis makanan yang terdapat dalam satu piring makan atau whole diet,” kata Syauqy dikutip dari laman resmi Undip, Kamis (4/1/2024).

“Kebiasaan makan seseorang akan membuat sebuah pola, yang disebut sebagai pola diet atau dietary patterns. Ada pola diet yang memiliki kecenderungan kearah pola yang sehat, dan ada pula pola diet yang memiliki kecenderungan tidak sehat,” katanya.

Menurutnya, semakin sehat pola diet seseorang, maka semakin terhindar Ia dari penyakit kronis. Sebaliknya, pola diet tidak sehat akan menjadi faktor risiko untuk terkena penyakit kronis. 

Sindrom metabolik adalah sekumpulan gejala dari beberapa faktor risiko kardiovaskuler termasuk hipertensi, obesitas sentral, dislipidemia, dan hiperglikemia. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut