get app
inews
Aa Read Next : SMMPTN Barat 2024 Dibuka, Ini Tata Cara Pendaftaran dan Daftar 25 PTN yang Bisa Dipilih

Unnes Sediakan Kuota 11.300 Mahasiswa Baru di 9 Fakultas, Ini Daftarnya

Sabtu, 06 Januari 2024 | 15:04 WIB
header img
Kampus Unnes di Sekaran Gunungpati Semarang.

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyediakan kuota sebanyak 11.300 untuk calon mahasiswa baru (camaba) pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2024. Kuota tersebut tersebar di 9 fakultas atau 74 program studi D3/S1 yang ada.

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor B692/UN37/HK/02/2023, kuota tersebut akan dipenuhi melalui tiga jalur seleksi yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) minimal 20 persen, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) minimal 30 persen, dan Seleksi Mandiri (SM) Unnes maksimal 50 persen.

Peraturan tersebut disesuaikan dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Di antara 74 prodi D3 dan S1 yang dimiliki, Prodi Ilmu Hukum memiliki kuota paling besar yaitu 925, disusul Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 575, Manajemen dan Akuntasi masing-masing 450, dan Ekonomi Pembangunan sebanyak 300.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unnes Prof. Dr. Zaenuri, MSi, Akt menjelaskan bahwa Unnes mengundang talenta unggul dari seluruh penjuru Tanah Air untuk mendaftar ke Unnes.

Sebagai salah satu perguruan tinggi unggul, Unnes menawarkan kualitas pendidikan berkualitas. Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya akreditasi institusi unggul, mayoritas program studi telah terakreditasi unggul dan A, dan akreditasi internasional untuk sejumlah program studi lain.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut