get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rusak 10 Bangunan di Bantaran Sungai BKT Semarang, Ini Rinciannya

Kronologi Ledakan di SPBU Undip Tembalang Semarang

Rabu, 10 Januari 2024 | 15:48 WIB
header img
Garis polisi terpasang di area SPBU Undip Tembalang Semarang pasca ledakan, Rabu (10/1/2024). (foto Ahmad Antoni)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Insiden ledakan terjadi di SPBU Universitas Diponegoro (Undip) Tembalang, Kota Semarang, Rabu (10/1/2024). Akibat ledakan yang terjadi sekitar pukul 12.00 WIB, lima dari enam mesin pengisian BBM di SPBU porak-poranda

Sementara kepulan asap putih sempat menyelimuti area SPBU. Beruntung kobaran api cepat dipadamkan oleh petugas SPBU dengan menggunakan APAR.

Menurut keterangan sejumlah saksi, terdengar dua kali ledakan yang disertai percikan api. "Tadi saya mendengar ada ledakan-ledakan, dua kali kayaknya, terus langsung keluar api dari sana (dekat toilet SPBU)," ungkap saksi mata.


Kondisi SPBU Undip Tembalang Semarang pasca ledakan, Rabu (10/1/2023). (foto Ahmad Antoni)

Berdasarkan pantauan di lapangan, insiden ledakan SPBU Undip telah berhasil ditangani pada pukul 14.31 WIB. Di area lokasi ledakan tampak terpasang garis polisi (police line)

Sementara itu, polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk memastikan penyebab ledakan tersebut.  Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga Brasto Galih Nugroho membenarkan kejadian ledakan di SPBU Undip Tembalang.

Dia menyebutkan terjadi letupan api (flash fire) di area dispenser (mesin pompa BBM) di SPBU Undip nomor 44.502.23, Jalan Prof Sudarto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.


Sejumlah mesin pengisian BBM SPBU Undip Semarang rusak akibat ledakan. (foto Ahmad Antoni)

“Saat ini SPBU Undip berhenti beroperasi sementara dan semua kelistrikan telah dimatikan demi alasan keselamatan,” jelasnya. 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut