get app
inews
Aa Read Next : Kenapa Cuaca Terasa Gerah Akhir-akhir Ini? Begini Penjelasan BMKG

Waspada! Cuaca Ekstrem hingga Februari 2024

Minggu, 14 Januari 2024 | 20:43 WIB
header img
BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem. (ilustrasi/Ant).

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi cuaca ekstrem masih mengancam wilayah Indonesia hingga Februari 2024. 

BMKG mengimbau masyarakat waspada dan bersiap akan potensi bencana hidrometeorologi. “Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan yaitu di bulan Januari dan Februari. 

Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangannya, dikutip Minggu (14/1/2024).

Dwikorita mengatakan, sedikitnya terdapat tiga penyebab cuaca ekstrem terjadi. Pertama, aktivitas Monsun Asia yang cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir.  

Kondisi ini berpotensi dapat disertai adanya fenomena seruakan dingin yang bisa meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Kedua, kata Dwikorita, adanya daerah tekanan rendah yang terpantau di sekitar Laut Timor, Teluk Carpentaria dan Samudera Hindia barat Sumatera yang dapat memicu terbentuknya pola pumpunan dan perlambatan kecepatan angin di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut