get app
inews
Aa Read Next : DPP PDIP: Jokowi dan Gibran Bukan Lagi Kader Partai

Keren, Begini Spesifikasi Masjid Negara IKN yang Telan Anggaran Hampir Rp1 Triliun

Kamis, 18 Januari 2024 | 10:20 WIB
header img
Spesifikasi Masjid Negara IKN Nusantara. (PUPR)

Sedangkan, luas total bangunannya sebesar 59.081 m2 yang terdiri atas bangunan masjid seluas 56.220,3 m2 (3 Lower Ground, 1Ground Floor, 2 Mezzanine), bangunan komersial seluas 2.134 m2 (2 lantai), dan bangunan penunjang seluas 727 m2 (1 lantai). 

Kawasan ini juga dilengkapi dengan berbagai infrastruktur pendukung seperti jalan, jembatan, lanskap, serta utilitas kawasan. Selain itu juga dilengkapi fasilitas tempat wudhu, ruang rapat, hall pertemuan, dan ruang tunggu VIP. 

Presiden Jokowi mengatakan nantinya di kawasan peribadatan IKN ini bukan hanya masjid saja yang dibangun, tetapi juga gereja, katedral, vihara, pura, dan kelenteng yang akan menunjukkan betapa Indonesia sangat beragam tetapi kerukunan akan terus dijaga untuk membangun persatuan di Indonesia. 

"Saya berharap Masjid Negara ini dapat mempresentasikan kemajemukan Indonesia dan sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, tempat nyaman bagi umat Islam untuk melakukan aktivitas keagamaan dan sosial, serta menjadi simbol untuk meningkatkan toleransi dan moderasi beragama di IKN," kata Presiden dalam sambutannya di IKN, Rabu (17/1/2024).


 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut