get app
inews
Aa Read Next : Gunung Merapi Meletus Lagi, Meluncurkan Wedus Gembel hingga Jarak 1,3 Kilometer

Mengerikan, Selama Sepekan Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava 134 Kali

Sabtu, 05 Februari 2022 | 23:25 WIB
header img
Gunung Merapi meluncurkan guguran lava. Foto: Antara

YOGYAKARTA, iNews.id - Selama sepekan terakhir Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, mengeluarkan guguran lava sebanyak 134 kali.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyampaikan, guguran lava teramati sebanyak 133 kali ke arah barat daya dominan ke Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter. 

"Guguran lava juga terjadi satu kali ke arah barat laut (hulu Sungai Apu dan Trising) dengan jarak luncur 300 meter," kata Hanik Humaida, Sabtu (5/2/2022).

Ia menyebutkan berdasarkan pengamatan mulai 28 Januari-Februari 2022, gunung api aktif itu juga terpantau dua kali mengeluarkan awan panas guguran ke arah barat daya atau hulu Sungai Bebeng dengan jarak luncur 2.000 sampai 2.500 meter.

Sementara itu, berdasarkan analisis morfologi dari Stasiun Kamera Deles5, Tunggularum, Ngepos, dan Babadan2 tidak teramati perubahan morfologi yang signifikan baik kubah barat daya maupun kubah tengah.

Hanik menyebutkan volume kubah lava barat daya Merapi sebesar 1.670.000 meter kubik dan kubah tengah sebesar 3.007.000 meter kubik.

Intensitas kegempaan Merapi pada pekan ini masih cukup tinggi. Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM juga masih menunjukkan laju pemendekan jarak 1,6 cm per hari.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut