get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Semarang Komitmen Dukung PSIS, Fasilitasi Tim Kembali Latihan di Stadion Citarum

Kopi Semawis Sambut Baik Rencana Pemkot Semarang Revitalisasi Pecinan

Jum'at, 02 Februari 2024 | 05:45 WIB
header img
Suasana di kawasan Pecinan Semarang. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Komunitas Pecinan (Kopi) Semawis menyambut baik rencana Pemkot Semarang melakukan revitalisasi Kawasan Pecinan menjadi lebih baik lagi. 

Seperti yang diungkapkan oleh Harjanto Halim, Ketua Kopi Semawis. Menurutnya, upaya Pemkot Semarang tersebut harus didukung.

Dia menyebut, revitalisasi akses jalan di tujuh gang akan mendukung masyarakat yang akan berkunjung ke Kawasan Pecinan. Namun, dia berpesan agar memperhatikan aspek keamanan konstruksi jalannya.

"Itu bagus, aspal atau paving tidak masalah, yang penting rapi, indah dan aman. Soalnya kemarin pernah kejadian pavingnya mengkap terus ada orang jatuh, jadi faktor keamanan juga harus diperhatikan," kata Harjanto, Kamis (1/2/2024).

Harjanto juga merespon positif rencana penataan Kali Semarang menjadi titik wisata dengan menghadirkan kapal-kapal kecil atau perahu. Menurutnya, langkah itu akan makin menarik perhatian wisatawan datang ke Kota Semarang, khususnya Kawasan Pecinan. "Kalau yang kali dan bisa dilewati perahu itu bagus," ujarnya.

Kendati begitu, dia menitipkan pesan kepada Pemkot Semarang agar mengimbau atau mengeluarkan aturan tegas untuk masyarakat yang tinggal di Kawasan Pecinan agar lebih menjaga kebersihan dan kerapian.

"Menurut saya beberapa seperti kerapian untuk trotoar jalan, kita lihat beberapa warga juga ada yang melanggar lho. Menurut saya harus ditegaskan supaya rapi dulu dan bersih, itu penting," katanya.

Baru setelah itu semua selesai, kata Harjanto, Kawasan Pecinan dapat dipercantik dengan pernak-pernik sesuai dengan sejarah dan budaya masyarakat Tionghoa.

Sebelumnya, Pemkot Semarang bakal melakukan revitalisasi Kawasan Pecinan. Penataan ulang Kawasan Kota Lama itu akan dimulai tahun ini.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut