get app
inews
Aa Read Next : Tak Terima Dijambak dan Ditampar, Dosen PTS di Semarang Laporkan Pimpinannya ke Polisi

15 PTS Terbaik di Indonesia Berdasarkan Webometrics 2024, Kampusmu Ranking Berapa?

Minggu, 18 Februari 2024 | 16:06 WIB
header img
Suasana di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). (IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Berikut ini daftar 15 perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia berdasarkan Webometrics 2024. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berada di peringkat 5, sedangkan Universitas Dian Nuswantor peringkatn13.

Salah satu pemeringkatan universitas terbaik dunia adalah Webometrics. Daftar Webometrics pun telah dirilis edisi Januari 2024 yang memuat ranking universitas dunia juga Indonesia.

Webometrics menilai perguruan tinggi terbaik berdasarkan tiga indikator, yaitu isibility (visibilitas), transparency (transparansi atau keterbukaan), dan excellence (keunggulan).

1. Visibility (Visibilitas): Indeks penilaian yang berkaitan dengan pengaruh konten atau tautan domain perguruan tinggi yang diunggah di situs perguruan tinggi. 

2. Transparency (Transparansi): Seberapa banyak penelitian dari top 310 peneliti dikutip dalam website. 

3. Excellence (Keunggulan): Penilaian terhadap jumlah makalah di antara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip pada tiap 27 disiplin ilmu berdasarkan database yang ada.

Dikutip dari laman resminya, ada 3.567 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk daftar Webometrics 2024. Baik itu perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. 

15 PTS Terbaik di Indonesia Berdasarkan Webometrics 2024 

1. Telkom University (Tel-U) 

Telkom University masih menjadi universitas swasta terbaik nomor satu menurut Webometrics dengan menempati peringkat ke 11 di Indonesia dan peringkat 1.206 di dunia. 

2. Universitas Bina Nusantara (BINUS) 

BINUS menjadi perguruan tinggi swasta terbaik yang menyusul Tel-U dengan meraih peringkat kedua menurut Webometrics 2024. BINUS menduduki peringkat ke 13 di Indonesia dan peringkat 1.429 dunia. 

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) 

PTS terbaik di peringkat ketiga adalah UMY. Menurut Webometrics, UMY menempati peringkat 18 di Indonesia dan 1.873 di dunia. 

4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

UMM berhasil menempati peringkat keempat PTS terbaik di Indonesia. Pada Webometrics edisi Januari 2024, UMM menempati peringkat 22 di Indonesia dan peringkat 2.266 dunia. 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut