get app
inews
Aa Read Next : Keren! Kota Semarang Jadi Satu-satunya Kota Besar Yang Masuk Nominasi TPID Award

Baksos HUT ke 71 Yonif 400/BR: Banteng Raiders Peduli dari Hati untuk Rakyat

Kamis, 29 Februari 2024 | 12:04 WIB
header img
Danyon 400/BR, Letkol Inf M Zainollah mencium tangan lansia saat kegiatan baksos di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Kamis (29/2). (foto A Antoni)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Batalyon Infanteri (Yonif) 400/Banteng Raiders menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Kamis (29/2/2024).

Kegiatan baksos dalam rangka memperingati HUT ke-71 Yonif 400 BR dengan mengusung tema Banteng Raiders Peduli dari Hati untuk Rakyat ini meliputi pengobatan gratis, sunatan dan pembagian sembako.

“Kegiatan baksos dalam rangka memperingati HUT ke 71 Yonif 400/BR di tahun 2024 ini ambil tema Banteng Raiders Peduli dari Hati untuk Rakyat. Kenapa? Kami hanya menegaskan kepada masyarakat bahwa kami TNI khususnya seluruh anggota batalyon masih anak mereka. Jadi tidak usah sungkan, takut, tidak enak dengan kita, menjauh dengan kita itu salah,” tegas Danyon 400/BR, Letkol Inf M Zainollah.

“Karena dari sejarahnya sudah jelas bahwa TNI dengan rakyat satu, apalagi dengan perintah bapak KSAD sudah jelas bahwa keberadaan kita sudah harus membawa manfaat untuk rakyat. Jadi dari situ saya ambil tema seperti itu, harapannya dengan kegiatan ini masyarakat lebih mengena, lebih dekat dengan kita, dalam artian seperti keluarga. Kalau memang TNI anak rakyat ya kami anak-anaknya mereka. Kami lahir dari ibu-ibu orang tua dari berbagai latar belakang. Ada yang petani, nelayan, guru,” katanya.

 Zainollah mengatakan bahwa pada intinya melalui kegiatan baksos ini untuk lebih mendekatkan TNI bersama masyarakat. “Intinya kami hanya mau mendekatkan diri ke masyarakat, kemudian saya khususnya sebagai komandan batalyon membiasakan anggota saya sebisa mungkin bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Harapannya bukan masyarakat yang mencintai, tapi kami belajar untuk mencintai masyarakat,” ujarnya.

Sementara rangkaian HUT Banteng Raiders selain bakti sosial, juga akan dilaksanakan kegiatan lintas agama dengan melibatkan para pemudanya. “Kegiatan ini untuk lebih mendekatkan kepada pemuda-pemuda baik muslim/ponpes, gereja, hindu, budha dan sebagainya. Intinya lebih mendekatkan diri saja antar lintas agama. 


Danyon 400/BR, Letkol Inf M Zainollah memberikan semangat kepada anak yang hendak mengikuti sunatan gratis. (foto A.Antoni)

 

Sementara itu, kegiatan pengobatan gratis melibatkan tenaga kesehatan dari Yonif 400/BR, Kesdam IV Diponegoro dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Jabungan.

“Pengobatan massal meliputi pengecekan pendaftaran, pengecekan tanda-tanda vital termasuk tensi, suhu, amnesa (pertanyaan dari dokter ke warga terkait keluhan), seperti keluhan mungkit pusing, sakit gigi, pinggang. Pemberian obat, pengarahan/pemberian saran dari dokter,” jelas Letda Ckm Iskandar, Danton Kes Yonif Raider 400/BR.

“Sunatan gratis untuk  membantu warga tak mampu, memberikan dukungan sekaligus meringantan beban yang kurang mampu,” ujarnya.


Danyon 400/BR, Letkol Inf M Zainollah bersama istri dan ibu-ibu Persit simbolis memberikan bantuan paket sembako. (foto A.Antoni)

 

 


 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut