get app
inews
Aa Read Next : Keren, Kelurahan Pudakpayung Semarang Masuk Tiga Besar Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional

Damkar Kota Semarang Sabet 2 Gelar di National Firefighter Skill Competition 2024

Jum'at, 01 Maret 2024 | 16:26 WIB
header img
Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang berhasil meraih 2 piala pada acara National Firefighter Skill Competition 2024 di Kota Surabaya. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang berhasil meraih 2 piala pada acara National Firefighter Skill Competition (NFSC) tahun 2024 di Kota Surabaya. 

Kegiatan yang diselenggarakan mulai tanggal 25-29 Februari 2024 tersebut diikuti oleh 50 kontingen dari Kabupaten/Kota dan provinsi se-Indonesia dalam rangka memperingati HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Ke-105 tingkat nasional yang jatuh pada tanggal 1 Maret 2024. 

Dalam kejuaraan tersebut, Dinas Damkar Kota Semarang mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 8 orang (6 atlet dan 2 ofisial).
 
Rangkaian acara HUT Damkar tingkat nasional ini dilaksanakan di 4 lokasi, Rakornas di Grand City Convex, Gala dinner di Balaikota Surabaya, NFSC 2024 di komplek Politeknik Penerbangan Surabaya, dan puncak acara rangkaian HUT  dilaksanakan upacara di lapangan Kodam V/Brawijaya.
 
Adapun 4 kategori yang dilombakan di NFSC 2024 ini, pertama Ladder pitching, kedua Hose Laying, ketiga Survival dan keempat ada kategori tim favorit. Yang membanggakan, dalam kejuaraan NFSC tersebut, Damkar Kota Semarang meraih dua penghargaan sekaligus. Pertama, juara 3 kategori Ladder Pitching dan Juara tim favorit. 

Ade Bhakti, Sekretaris Dinas Damkar Kota Semarang menerima secara langsung piala yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian. Piala diserahkan bersamaan dengan penghargaan kepada Wali kota Surabaya Eri Cahyadi.
 
“Ya Alhamdulillah, meskipun persiapannya cukup mepet, kurang dari sebulan, kawan-kawan bisa mempersiapkan dengan baik, meski belum berhasil mendapatkan sesuai target, ini sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu yang sama sekali tidak berhasil tembus 3 besar, dan tidak membawa pulang piala dan medali,” terang Ade via telepon.
 
Pada upacara yang dipimpin langsung oleh Mendagri sebagai irup ini, ditampilkan juga simulasi pemadaman dan penyelamatan korban kebakaran. Dalam simulasi itu, terlihat bagaimana infrastruktur Dinas Damkar Kota Surabaya yang sudah sangat mumpuni dan terlihat gap infrastruktur yang sangat jauh lebih baik dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia.

Apalagi dalam simulasi ini juga terlihat bagaimana sangat kompaknya belasan OPD (Dinas) yang tergabung dalam call centre 112 untuk menangani situasi darurat. Damkar, BPBD, Kominfo, Dishub, Dinas Kesehatan dan lain-lainnya terlihat sudah sangat terlatih, sangat kompak, dan komunikasi yang terjalin juga sangat baik.
 
“Surabaya keren, infrastruktur damkarnya oke, SDM nya mumpuni, dan info yang saya dapat dari kawan-kawan damkar Surabaya, support dari Kepala Daerah, dalam hal ini Walikota serta Sekretaris Daerah sebagai ketua Tim Anggaran (TAPD) juga sangat kompak dalam memberikan perhatian kepada Damkar Kota Surabaya, Saya dan teman-teman Damkar Kota Semarang juga berharap semoga ke depan minimal kami juga bisa seperti Surabaya, Bismillah nggih mas,” ujarnya.
 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut