get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo Singgung Jokowi: Berbeda Pilihan Harusnya Diumumkan dari Awal

Presiden Jokowi Pastikan Harga BBM Tak Naik

Senin, 04 Maret 2024 | 12:37 WIB
header img
Jokowi jamin harga BBM Pertamina tak naik! (Foto: IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kabar bahagia untuk seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin harga bahan bakar minyak (BBM) tidak akan naik.

Hal itu dikatakan Jokowi usai mengadakan rapat terbatas (ratas) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada hari ini Senin (4/3). Meski begitu, Jokowi meminta kepada pihak Pertamina untuk menjelaskan hal tersebut.

"Tidak (naik BBM). Tapi yang menyampaikan nanti akan dari Pertamina, ujjar Jokowi dalam keterangannya.

Jokowi tidak menjelaskan secara rinci kebijakan tersebut akan dilakukan sampai batas waktu kapan. Dirinya hanya menyebut bahwa permasalahan akan disampaikan lebih lanjut oleh kementerian terkait.

"Soal BBM nanti biar Pak Menko yang sampaikan, atau dari Pertamina yang sampaikan," tutur dia.

Seperti diketahui, Pemerintah berencana untuk tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga Juni 2024. Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil sidang paripurna kabinet Senin (26/2/2024).

"Diputuskan dalam sidang kabinet paripurna tidak ada kenaikan listrik, tidak ada kenaikan BBM sampai Juni baik itu yang subsidi maupun nonsubsidi," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dia mengatakan pemerintah menyiapkan kompensasi untuk Pertamina dan PLN agar harga BBM dan tarif listrik tidak mengalami kenaikan. Sementara, per Februari ini pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan harga BBM baik subsidi maupun nonsubsidi.

Keputusan itu berdasarkan evaluasi berkala mengacu pada penetapan harga sesuai Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM nonsubsidi. (Arni Sulistiyowati).

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut