get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, Polres Semarang Terapkan One Way Lokal

Jadwal dan Rute Mudik Gratis Kemenhub 2024, Kuota 30.088 Orang

Rabu, 06 Maret 2024 | 08:15 WIB
header img
Kemenhub kembali menggelar mudik gratis pada Lebaran 2024. (Foto: Dok. Kemenhub)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggelar program mudik gratis di tahun 2024 dengan menyiapkan 722 unit bus.

Dari jumlah bus tersebut, dibuka sebanyak 30.088 kuota yang terdiri atas 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik. Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno pihaknya juga menyediakan 900 unit kuota pengangkutan motor dengan truk secara gratis. Motor tersebut akan diangkut menggunakan 15 truk di arus mudik dan balik.

"Disediakan kuota 450 unit untuk arus mudik dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 15 unit truk juga. Jadi akan ada 30 unit truk," kata Hendro dalam keterangan resminya, Selasa (5/3/2024). 

Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa Kota Tujuan Mudik dan Balik tahun ini sebanyak 33 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan serta wilayah Sumatera.

Secara rinci, 3 kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Kemudian Provinsi Jateng- DIY sebanyak 19 Kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen dan Yogyakarta. 

Selanjutnya, Provinsi Jawa Timur 5 Kota yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Di Kalimantan  2 Kota yaitu Banjarmasin dan Pangkalan Bun dan yang terakhir wilayah Sumatera 4 Kota yaitu Lampung, Palembang, Bengkulu dan Padang.

"Sementara untuk kota asal arus balik terdapat di 9 kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta dan Pelembang. Sedangkan untuk lokasi tujuan Mudik dan Balik bagi pengangkutan Sepeda Motor sebanyak 5 kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta," katanya. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut