get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi M4,8 Guncang Bayah Banten

Fenomena Super New Moon, Waspada Banjir Rob Terjang Pesisir Jateng hingga 16 Maret

Kamis, 07 Maret 2024 | 10:46 WIB
header img
Sejumlah warga maupun pekerja pelabuhan saat menumpang di atas truk trailer saat banjir rob menggenangi pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis (26/5/2022). (Foto: doc iNews.id)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Potensi banjir rob atau pesisir bakal terjadi di sejumlah wilayah pesisir Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut banjir rob berpotensi mulai terjadi 7 atau 8 Maret hingga 16 Maret 2024.  

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo mengatakan, banjir rob ini akibat fenomena Super New Moon atau fase bulan baru yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

“Fenomena Super New Moon yang bersamaan dengan Perigee pada tanggal 10 Maret 2024 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum,” ujar Eko, Kamis (7/3/2024). 

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia di antaranya yakni Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Kep. Riau, Pesisir Banten, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Sulawesi Utara, Pesisir Maluku Utara.

Eko mengatakan, potensi banjir rob ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah. Banjir rob berdampak khususnya pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut