get app
inews
Aa Read Next : 2 Desa di Demak Masih Tergenang Banjir

Sungai Lusi dan Tuntang Meluap, 10 Kecamatan di Grobogan Diterjang Banjir

Kamis, 14 Maret 2024 | 11:13 WIB
header img
Petugas BPBD Grobogan bersiaga di jalur evakuasi guna mengantisipasi dampak banjir dan membantu warga terdampak, Kamis (24/3/2024).(BPBD Grobogan)

GROBOGAN, iNewsSemarang.id - Banjir kembali menerjang 25 desa di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Kamis (14/3/2024). Curah hujan tinggi dengan durasi panjang dalam beberapa hari terakhir hingga sungai meluap menjadi sebab terjadinya banjir di Kabupaten Grobogan. 

Kepala Bidang Operasional BPBD Grobogan Masrichan mengatakan, ketinggian banjir bervariasi di sejumlah titik.

"Iya banjir akibat curah hujan tinggi beberapa hari terakhir. Tak hanya di Grobogan, hujan di kawasan hilir seperti Salatiga dan Kabupaten Semarang juga memperparah banjir di Grobogan," ujar Masrichan, Kamis (14/3/2024).

Menurutnya, Sungai Lusi dan Sungai Tuntang meluap karena debit air meningkat akibat hujan secara terus-menerus.

"Sungai Lusi terparah luapannya yang membuat genangan di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Grobogan, Purwodadi, Brati, Penawangan dan juga ke Karangrayung," katanya.

Masrichan merinci daerah terdampak banjir yakni di Kecamatan Grobogan 8 desa terendam, Klambu 2 desa, Wirosari 3 desa, Brati 3 desa, Ngaringan 1 desa, Tawangharjo 6 desa, Gubug 1 desa, Purwodadi 3 desa, Karangrayung dan Penawangan masing-masih ada satu titik banjir di Desa Kramat.

"Ketinggian air bervariasi. Petugas sudah siaga terutama di jalur evakuasi untuk antisipasi warga yang membutuhkan bantuan," ucapnya. (Arni Sulistiyowati)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut