get app
inews
Aa Read Next : Hari Tanpa Bayangan Akan Kembali Terjadi di Indonesia, Kapan?

BMKG Deteksi 3 Bibit Siklon Tropis, Waspada Cuaca Ekstrem hingga 18 Maret

Jum'at, 15 Maret 2024 | 08:42 WIB
header img
BMKG mempediki Cuaca Ekstrem berlangsung hingga 18 Maret 2024/Foto: Ilustrasi

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi tiga Bibit Siklon Tropis yakni 91S, 94S dan 93P di sekitar wilayah Indonesia. Kondisi itu diprediksi akan menyebabkan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia hingga 18 Maret 2024.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut tiga bibit siklon tersebut termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia. Ketiganya, berpengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan. 

"Kemunculan tiga bibit siklon tropis ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis," kata Dwikorita dalam keterangan persnya, Jumat (15/3/2024). 

Menurut dia, aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial juga berpengaruh terhadap peningkatan potensi cuaca ekstrem ke depan.

"Selain akibat bibit siklon, Aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial juga berpengaruh terhadap peningkatan potensi cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut