get app
inews
Aa Read Next : Kisah Raja Sriwijaya Samaratungga dan Sejarah Pembangunan Candi Borobudur

4 Masjid Legendaris di Solo, Nomor 3 Pernah Dipakai Sembahyang Umat Hindu

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:19 WIB
header img
Masjid Al Wustho Mangkunegaran, sala satu masjid legendaris di Solo. (foto Dok/Antoni)

SOLO, iNews.id – Ada beberapa masjid legendaris di Solo, Jawa Tengah yang memiliki sejarah panjang. Selain menyuguhkan wisata budaya dan kuliner, masjid legendaris di Solo ini tampak berdiri kokoh.

Setiap kota di Indonesia kini banyak memiliki kawasan wisata religi yang begitu menawan. Begitu pula Kota Solo dengan pesona sederet masjid legendaris.

Sesuai dengan namanya, masjid ini disebut legendaris karena memiliki sejarah dan berdiri di Kota Solo.

Berikut ini 4 masjid legendaris di Solo yang dirangkum iNews.id beberapa waktu lalu:

1. Masjid Al Wustho Mangkunegaran
Masjid Al Wustho Mangkunegaran merupakan masjid legendaris di Solo. Masjid ini awal mulanya bernama Masjid Mangkunegaran atau masjid negara. Dahulu, lokasi masjid ini berada di Kauman, Pasar Legi dan pembangunan masjid Al Wustho diprakarsai oleh KGPAA Mangkunegara I pada tahun 1725-1795.

Namun saat masa kepemimpinan berganti menjadi KGPAA Mangkunegara II, masjid ini kemudian dipindahkan menjadi lebih dekat dengan Puro Mangkunegaran. Masjid Al Wustho Mangkunegaran telah mengalami pembangunan secara modern di era KGPAA Mangkunegara VII.
 
Demi mendapatkan hasil memuaskan, pihak Mangkunegara juga menggandeng arsitek Belanda bernama Herman Thomas. Perpaduan unsur Jawa yang terselip arsitektur Eropa membuat bangunan masjid benar-benar Indah.

2. Masjid Agung Keraton Surakarta
Masjid legendaris di Solo selanjutnya adalah masjid Agung Keraton Surakarta. Sunan Pakubuwono III menjadi sosok di balik pembangunan masjid ini. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut