get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi M4,8 Guncang Bayah Banten

Gelombang Tinggi Ancam Perairan Jateng

Sabtu, 30 Maret 2024 | 12:34 WIB
header img
BMKG mengimbau kepada masyarakat waspada potensi gelombang tinggi.(Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Gelombang tinggi hingga 4 meter mengintai sejumlah perairan Indonesia, salah satunya daerah Jawa Tengah. Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga telah mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah selatan yang akan berlangsung hingga Minggu besok (31/3/2024). 

Selatan wilayah perairan Indonesia yang berpotensi mengalami gelombang yang lebih tinggi di kisaran 2,5-4,0 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai, Samudra Hindia Barat Bengkulu, Samudra Hindia Barat Lampung, Samudra Hindia Selatan Banten, Samudra Hindia Selatan Jawa Barat, Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah. 

BMKG mengatakan hal ini dipengaruhi adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Timur Laut-Timur dengan kecepatan angin berkisar 6-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Tenggara-Selatan dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot. 

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Kepulauan Sangihe, Samudra Hindia Barat Lampung, dan Samudra Hindia Selatan Banten,” ungkap BMKG dalam keterangan resminya, Sabtu (30/3/2024).

Selain itu, kondisi tersebut juga menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue-Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano, perairan Bengkulu - barat Lampung, Samudra Hindia Barat Aceh - Kepulauan Nias, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sunda bagian barat dan selatan.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut