get app
inews
Aa Read Next : Open House 2 Hari, Rumah Dinas Bupati Dico Dibanjiri Warga

7 Ruas Tol Fungsional Siap Digunakan Mudik Mulai H-7 Lebaran, Ini Daftarnya

Minggu, 31 Maret 2024 | 18:46 WIB
header img
Tujuh ruas tol fungsional siap digunakan pada H-7 Lebaran. Hal itu menilik aspek keamanan standar layak untuk dilalui kendaraan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Tujuh ruas tol fungsional siap digunakan pada H-7 Lebaran. Hal itu menilik aspek keamanan standar layak untuk dilalui kendaraan.

Menurut Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, secara ketersediaan infrastruktur memang sudah siap, namun terkait pengoperasiannya berdasarkan diskresi kepolisian dengan menimbang kondisi lalu lintas di daerah tersebut.

"Kalau dari kami, dari PUPR dan BUJT, H-7 itu sudah siap semua sampai H+7, tapi dari Korlantas dan Perhubungan kemungkinan itu malah dibuat H-6 sampai H+6. Jadi secara infrastruktur sudah siap, kapan mau dipakai terserah kepolisian," kata Endra saat dihubungi MNC Portal, Minggu (31/3/2024).

Lebih lanjut, dia menjelaskan saat ini ruas-ruas fungsional tersebut kemungkinan baru bisa dioperasikan sejak pagi hingga sore hari. Sebab dari sisi keamanan belum mendukung untuk dioperasikan pada malam hari.

"Jam berfungsinya, seperti Cimanggis - Cibitung, itukan sudah siap semua infrastrukturnya, tapi kalau Korlantas mau hanya dibuka sampai Magrib, itu terserah saja, tapi secara infrastruktur malam pun sebetulnya bisa, karena lampu sudah menyala," ujarnya.

Namun memang dikatakan Endra, dalam rangka menjamin keselamatan para pengendara idealnya jalur fungsional hanya dioperasikan sampai sore saja. Hal tersebut menghindari adanya potensi kesulitan ketika terjadi kecelakaan di malam hari.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut