get app
inews
Aa Read Next : Update, 12.000 Kendaraan Masuk ke Semarang via GT Kalikangkung Usai Berlaku One Way

Jateng Siap Sambut Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Selasa, 02 April 2024 | 05:21 WIB
header img
Provinsi Jawa Tengah siap menyambut arus mudik dan balik lebaran 2024.(Foto: Ilustrasi)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Provinsi Jawa Tengah siap menyambut arus mudik dan balik lebaran 2024. Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana akan memastikan kondusifitas tetap terjaga selama libur nasional dan hari raya Idul Fitri.

"Rakor ini merupakan keseriusan kita bersama dalam mempersiapkan Mudik dan Lebaran Idulfitri 2024 agar berjalan lancar dan tertib," kata Nana Sudjana saat memberikan arahan dalam Rakor Forkopimda dalam menyambut Idul Fitri di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Senin (1/4).

Dalam rakor tersebut, ada beberapa isu yang menjadi perhatian menjelang mudik dan lebaran idulfitri 2024. Antara lain ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat, stabilitas harga, serta kewaspadaan terhadap potensi bencana.

Prediksi pergerakan Mudik Lebaran Nasional 2024 sebanyak 193,6 juta orang, sedangkan pergerakan orang masuk dan melintas Jawa Tengah sebesar 18,23 juta orang. Perkiraan puncak arus mudik terjadi pada 6-7 April 2024, sedangkan perkiraan arus puncak balik pada 14-15 April 2024.

"Jawa Tengah menyiapkan posko terpadu angkutan Lebaran dan juga pelayanan Lebaran tahun 2024," kata Nana Sudjana.

Posko terpadu dan pos pelayanan disiapkan beberapa titik. Hal itu salah satunya untuk penyiapan ramp check untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Selain itu, juga untuk kesiapan informasi dan telekomunikasi. 

"Posko utama akan ada di Dinas Perhubungan dan beberapa titik yang ada di tol maupun jalur Pantura dan jalur lainnya. Ada tujuh titik untuk membantu kelancaran masyarakat. Pelaksanaan nanti akan bekerjasama dengan kepolisian, TNI, Dishub, dan Satpol PP," jelasnya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut