get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Jeteng Ingatkan Kades Tak Lakukan Penyimpangan Bantuan Keuangan

Real Sultan! Kades di Jombang Bagikan Zakat Rp13 Miliar, Antrean Mengular hingga 3 KM

Sabtu, 06 April 2024 | 12:47 WIB
header img
Kades Mojokrapak H Warsubi saat membagikan zakat kepada para tukang becak di Jombang. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNewsSemarang.id - Seorang Kepala Desa di Kabupaten Jombang menghebohkan warga lantaran membagikan zakat mencapai Rp13 milliar untuk ribuan warga dan tukang becak. Sosok yang membagikan zakat bernilai fantastis itu adalah H Warsubi, Kepala Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Pantauan iNews, ribuan tukang becak berdatangan ke halaman rumah H Warsubi di Desa Mojokrapak hingga viral. Bahkan mereka rela antre hingga sepanjang 3 kilometer sampai dua desa tetangga demi mendapatkan paket zakat, Sabtu (6/4/2024) pagi.

Pengakuan para tukang becak, mereka sudah datang mengantre sejak Jumat (5/4/2024). Ada yang menginap dan tidur di teras masjid di samping rumah H Warsubi. Baru pada pukul 09.00 WIB, proses pembagian zakat dimulai.

Para tukang becak diminta maju satu persatu untuk menerima paket zakat berupa beras masing-masing 5 kilogram dan uang tunai Rp100.000.

"Total hari ini ada ada 2.500 tukang becak yang datang. Kami keluarga sudah siapkan 2.500 paket, ada juga cadangan bila kurang," ujar H Warsubi, Sabtu (6/4/2024).

Selain hari ini, H Warsubi juga telah membagikan 77.000 paket zakat kepada puluhan ribu warga di Jombang. Nilai setiap paket sebesar Rp175.000 sehingga total zakat yang telah dikeluarkan H Warsubi dan keluarganya di bulan Ramadan mencapai lebih dari Rp13 milliar.

"Kegiatan bagi-bagi zakat ini sudah rutin keluarga kami lakukan setiap satu tahun sekali atau tepatnya ketika bulan suci Ramadan. Niat kami berbagi tidak ada unsur lain," katanya.

Bagi warga Jombang, H Warsubi tidak hanya dikenal sebagai kades. Dia keluarganya selama ini dikenal sebagai pengusaha pemotongan ayam yang sukses di Jombang.

Tahun lalu pada 2023, H Warsubi membagikan zakatnya kepada warga sebesar Rp8 milliar. Dengan zakat yang dia keluarkan, H Warsubi berharap dapat membantu mengurangi beban ekonomi warga di Jombang menjelang lebaran. (Arni Sulistiyowati)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut