get app
inews
Aa Read Next : Viral Ibu Beri Bayi 7 Bulan Kopi Saset, Polres Gowa Periksa Kejiwaan Pelaku

Jemaah An-Nadzir di Gowa Sulsel Salat Idul Fitri Hari Ini, Berikut Metode Perhitungannya

Selasa, 09 April 2024 | 10:06 WIB
header img
Jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan saat menggelar Salat Idul Fitri 1445 Hijriah, Selasa (9/4/2024) hari ini. (Foto: iNews/Bugma)

GOWA, iNewsSemarang.id - Jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah jatuh pada hari ini, Selasa (9/4/2024). Penetapan 1 Syawal tersebut berdasarkan hasil pengamatan bulan yang lebih awal dari ketetapan pemerintah.

Pantauan iNews, ratusan jemaah An-Nadzir menggelar Salat Id di Kelurahan Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa. Seusai salat dan mendengarkan khotbah Idul Fitri yang disampaikan langsung pimpinan Jemaah An-Nadzir Ustaz M Samiruddin Pademmui, para jemaah saling memaafkan.

Ustaz M Samiruddin Pademmui mengatakan, penentuan jatuhnya 1 Syawal 1445 Hijriah dilakukan setelah mengamati perjalanan bulan. Baik mulai sejak awal masuknya bulan puasa hingga 3 hari menjelang berakhirnya Ramadan. Selain mengamati perjalanan bulan, Jemaah An-Nadzir juga melakukan pengamatan dengan melihat tanda-tanda alam seperti terjadinya air pasang puncak.

"Kita apa namanya, tadi malam waktu Indonesia bagian tengah bersamaan dengan gerhana matahari total di benua Amerika. Itu ilmu pengetahuan yang tak bisa terbantahkan saat gerhana matahari artinya terjadi perpisahan bulan. Sejak itulah Ramadan, karena terjadi malam hari, waktunya sangat memungkinkan Idul Fitri hari ini," ujar Ustaz M Samiruddin, Selasa (9/2/2024).

Selain mengamati langsung perjalanan dan pergantian bulan Hijriah, jemaah An-Nadzir juga menentukan awal dan akhir bulan dengan menggunakan bantuan aplikasi.

Bagi jemaah, Salat Idul Fitri dilaksanakan hari ini karena meyakini bulan Ramadan telah berakhir pada Selasa (9/4/2024) pukul 02:00 WITA.

Seperti umat Islam pada umumnya, usai melaksanakan Salat Idul Fitri, jemaah An-Nadzir juga mendengarkan khotbah Idul Fitri yang disampaikan langsung pimpinan An-Nadzir dan saling memaafkan antarsesama jemaah. (Arni Sulistiyowati)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut