get app
inews
Aa Read Next : Momen Haru Ritual Basuh Kaki Orang Tua Lintas Agama dan Etnis di Gang Pinggir Semarang

Ritual Sedekah Laut, Tradisi Syawalan dan Kupatan Masyarakat Pesisir Jawa

Rabu, 17 April 2024 | 07:03 WIB
header img
Tradisi Sedekah Laut di Tambaklorok Semarang beberapa waktu lalu. (Dok A.Antoni)

Ritual Selamatan 

Acara selamatan dilaksanakan dua kali, yaitu malam hari sebelum hari H dan pada pagi harinya. Selamatan pada malam hari sebelum hari H dilaksanakan di TPI dengan tujuan agar acara Syawalan yang akan dilaksanakan pada pagi harinya berjalan lancar dan selamat. 

Acara ini diisi dengan kegiatan pembacaan tahlil dan doa yang dipimpin oleh para ulama’ untuk mendoakan kepada arwah leluhur. Acara selamatan kedua merupakan ritual puncak yang dilaksanakan di tengah laut dengan menumpang perahu cothok dan kapal mini. 

Perahu dan kapal untuk acara selamatan dihiasi dengan hiasan khas, seperti janur, kain sarung, jarit, bendera merah putih, botol-botol minuman dan aneka buah. Ritual ini menggunakan sajian nasi tumpeng berbentuk gunungan yang berisi ingkung (masakan ayam utuh), sambal goreng, telur rebus, sayur, tomat dan sebagainya. 

Kegiatan selamatan puncak diawali dari TPI sebagai pusat kegiatan Syawalan, ditandai dengan penyerahan dua buah tumpeng oleh Bupati kepada panitia Syawalan. Selanjutnya nasi tumpeng dibawa ke tengah laut dengan kapal mini atau perahu yang telah dihias. 

Turut dalam kapal ini rombongan pejabat, tokoh masyarakat serta sejumlah ulama dari tiga desa nelayan setempat. Sejumlah kapal nelayan mengikuti kapal pembawa rombongan prosesi selamatan. 

Sesampainya di tengah laut ritul dimulai dengan bacaan doa-doa secara bergiliran oleh tiga kiai dan ulama perwakilan desa. Selesai pembacaan doa, nasi tumpeng dimakan bersama-sama. 

Satu tumpeng lainnya dilarung ke laut sebagai simbol kepedulian pada laut. Khoirul Anwar mengatakan ritual Syawalan di Morodemak ini berbeda dengan Syawalan di beberapa daerah lain. Tidak ada prosesi pelarungan kepala kerbau seperti yang dilakukan di beberapa daerah lain. 

Mereka menyadari bahwa praktik tersebut bertentangan dengan ajaran Islam. Setelah prosesi selamatan di tengah laut selesai, rombongan kembali lagi ke TPI dan menyaksikan berbagai hiburan dan perlombaan yang digelar oleh panitia untuk para nelayan. 

Jenis lomba yang diselenggarakan antara lain lomba menghias perahu atau kapal, panjat pinang, mendayung kapal, menangkap itik di sungai dan sebagainya, tergantung ketentuan panitia penyelenggara lomba. 

Semua perlombaan dilaksanakan di sungai depan TPI, jalur di mana kapal dan perahu nelayan hilir mudik setiap hari berangkat dan pulang melaut. Panjat pinang dilaksanakan di halaman Kantor TPI. 

Selain lomba juga ada hiburan macam wayang kulit, pergelaran grup musik dangdut, berbagai permainan anak-anak dan sebagainya. Acara hiburan ini berlangsung selama sepekan dan puncaknya pada hari ke delapan bulan Syawal.


 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut