get app
inews
Aa Read Next : 2 Desa di Demak Masih Tergenang Banjir

Wali Kota Semarang Sebut TMMD Jadi Upaya Penanganan Banjir saat Musim Kemarau

Rabu, 08 Mei 2024 | 15:56 WIB
header img
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu membuka program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Lapangan Agro Kencono Gayamsari, Kota Semarang. (IST)

SEMARANG, iNewSemarang.id - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu membuka program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Lapangan Agro Kencono Gayamsari, Kota Semarang.

Kegiatan diawali Penandatanganan dan Penyerahan BAST Program TMMD ke Kepala Dansatgas TMMD yakni Dandim 0733 Semarang Letnan Kolonel Kav Indarto, Rabu (8/5).

Mbak Ita sapaan akrab Wali Kota Semarang mengatakan, program ini menjadi salah satu upaya penanganan dan pencegahan banjir saat musim kemarau bersama TNI.

Ia pun juga telah meminta kepada Dansatgas agar bisa memerintahkan kepada jajarannya melakukan pengendalian infrastruktur seperti drainase atau bantaran sungai untuk upaya-upaya preventif atau mengurangi dampak-resiko yang tidak diinginkan khususnya di wilayah Kota Semarang bagian timur.

“Ini sudah musim kemarau justru itu yang harus sekarang kita bisa melihat titik mana yang diperlukan penanganannya. Ini preventif ya, kita lihat ini bagaimana walaupun sudah dibersihkan rutin ternyata enceng gondoke subur sehingga ini harus terus menerus kalau tidak bisa menumpuk lagi,” ujar Mbak Ita.

“Sehingga penanganan bisa merata di seluruh kota khusus di wilayah timur karena memang sungai-sungai ini kan cepat sekali sedimennya ada dan juga masalah airnya distribusi air ke sungai tenggang,” ujarnya.

Dia juga telah meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk intens berkoordinasi dengan TNI mendeteksi hal-hal yang bisa menjadi pemicu terjadinya genangan air seperti contoh pembangunan drainase yang masih tertutup.

“Seperti kemarin kita temukan di Tenggang bagian Gebanganom, Waru dan sebagainya. Dan tadi saya barusan turun ini bisa melihat terkait dengan distribusi jalur air. Nah ini yang justru sekarang ini preventif untuk menyambut menyongsong musim hujan kedepan,” katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut