get app
inews
Aa Read Next : Napi Korupsi Mardani H Maming Tepergok Jalan-jalan ke Surabaya Tanpa Pengawalan, Kok Bisa?

Komut Citilink Bantah Pergantian Juliandra karena Kasus Pengadaan Pesawat

Sabtu, 19 Februari 2022 | 01:58 WIB
header img

JAKARTA, iNewsSeamarang.id - Komisaris Utama (Komut) Citilink , Prasetio membantah pergantian Juliandra Nurtjahjo dari kursi Direktur Utama ( Dirut ) Citilink terkait kasus pengadaan pesawat ATR 72-600.

Menurutnya, pergantian jajaran komisaris dan direksi BUMN adalah hal biasa. "Ya, pergantian biasa. Pergantian pengurus adalah hal yang lumrah, tour of duty biasa," kata Prasetio ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (18/2/2022).

Perubahan susunan pengurus perusahaan, katanya, merupakan langkah strategis, khususnya dalam menjadikan Citilink sebagai maskapai yang lebih inovatif di tengah tantangan pandemi COVID-19 yang berlangsung saat ini.

"Jajaran direksi dan komisaris yang telah menyelesaikan masa tugasnya, telah memberikan kontribusi terbaik yang telah diberikan kepada Citilink sehingga dapat terus tumbuh sebagai salah satu maskapai terkemuka di Indonesia bahkan di tengah tantangan pandemi yang berdampak luar biasa bagi industri penerbangan,” kata Prasetio.

Sebelumnya, beredar rumors bahwa Juliandra dipecat dan posisinya sebagai Dirut Citilink digantikan Dewa Kadek Rai, pasca pemeriksaan dirinya di Kejaksaan Agung terkait dengan kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat ATR 72-600 di tahun 2013. Sebagai informasi, Juliandra menjabat sebagai orang nomor satu Citilink sejak 2017.

Pencopotan Juliandra terjadi usai Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa Direktur Utama PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo sebagai saksi dalam penyidikan perkara dugaan korupsi pengadaan pesawat PT Garuda Indonesia tahun 2011-2021.

Kasus ini dilaporkan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ke Kejaksaan Agung, Selasa (11/1/2022). Erick mengatakan, bukti audit investigasi yang diserahkan ke Kejaksaan Agung karena leasing ada indikasi korupsi dengan merk yang bebeda.

"Garuda ini sedang tahap daripada restrukturisasi tetapi yang kita sudah ketahui juga secara data-data valid memang dalam proses pengadaan pesawat terbangnya, leasing-nya itu ada indikasi korupsi dengan merk yang berbeda-beda,” ucap Erick Thohir.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut