get app
inews
Aa Read Next : Cara Cek Hasil Seleksi PPDB Jateng 2024 SMA/SMK, Klik https://ppdb.jatengprov.go.id

Daftar Nama 120 Calon Legislatif Terpilih DPRD Jawa Tengah Periode 2024-2029

Rabu, 29 Mei 2024 | 04:18 WIB
header img
Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono mmeberikan keterangan pers. (Eka Setiawan)

SEMARANG, iNewSemarang.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU0 menetapkan kursi dan 120 anggota DPRD terpilih Provinsi Jawa Tengah dalam rapat pleno yang digelar di Semarang, Selasa (28/5/2024). PDIP juara dengan raihan kursi terbanyak.

Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono mengatakan, penetapan kursi dan calon legislator terpilih dihadiri oleh Bawaslu dan perwakilan dari partai politik peserta pemilu.

"Hari Minggu (26/5) kami mendapat surat dari KPU RI, maksimal tiga hari setelah memperoleh surat KPU tersebut sudah harus ditetapkan," katanya dikutip dari Antara.

Dalam penetapan jumlah kursi, terdapat 10 partai politik yang lolos masuk ke DPRD Provinsi Jawa Tengah, yakni PKB memperoleh 20 kursi, Partai Gerindra 17 kursi, PDIP 33 kursi, Partai Golkar 17 kursi, Partai Nasdem 3 kursi, PKS 11.kursi, PAN 4 kursi, Partai Demokrat 7 kursi, PSI 2 kursi, dan PPP 6 kursi.

Menurut dia, penetapan jumlah kursi dan calon anggota DPRD terpilih sudah disepakati dalam rapat pleno dan tidak ada keberatan yang disampaikan.

Ia menuturkan, hasil perolehan kursi ini akan dijadikan sebagai dasar untuk partai politik dalam mengusung bakal.calon dalam pilkada November 2024 nanti.

"Kalau dari syarat pencalonan, hanya PDIP yang memenuhi minimal 20 persen kursi untuk mengusung sendiri calon," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut