get app
inews
Aa Read Next : Kembangkan Potensi Kehumasan & Corporate Branding, Kemenkumham Jateng Gelar Pelatihan

Lanjutkan Tren Positif, Kemenkumham Jateng Penuhi Data Dukung Pelaksanaan RB Dengan Sempurna

Jum'at, 07 Juni 2024 | 18:19 WIB
header img
Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi (RKT RB) Kemenkumham Jateng, Kamis (6/6/2024).

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah meneruskan tren positif dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

Menilik hasil Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi (RKT RB) yang berlangsung di Hotel PO Semarang, yang dimulai tanggal 2 Juni 2024, Kemenkumham Jateng berhasil memenuhi seluruh data dukung yang diminta.

Lebih spesial, Kemenkumham Jateng juga mampu mendorong 71 Satuan Kerja jajarannya untuk melakukan hal yang sama.

Atas capaian ini, Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi (Sahli RB) Asep Kurnia menempatkan Kemenkumham Jateng sebagai 3 Kantor Wilayah dalam Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, bersama Kemenkumham DI Yogyakarta dan Bali.

"Tiga terbaik yaitu, Kantor Wilayah Jawa Tengah, Bali dan Yogyakarta," kata Asep dalam arahannya pada kegiatan penutup Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan RKT RB, Kamis (6/6/2024).

Asep mengungkapkan, pelaksanaan RKT RB sangat penting untuk mendukung upaya peningkatan Indeks RB Kemenkumham.

Tak kalah penting, Sahli RB juga menekankan, pelaksanaan Reformasi Birokrasi jangan hanya sekedar berfokus pada pemenuhan data dukung, namun harus berimbas kepada masyarakat.

"Perlu diperhatikan, kegiatan yang dilaksanakan oleh wilayah maupun Satuan Kerja harus sesuai dengan resolusi Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2024, yakni harus berdampak," tegas Asep

"Berdampak bagi masyarakat dan memberikan kemanfaatan masyarakat," sambungnya.

Ia juga menginginkan, pemenuhan data dukung harus dibarengi dengan kualitas dan akuntabilitas dokumen.

Terakhir, Sahli RB berpesan kepada seluruh Kantor Wilayah, agar secara periodik melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi di wilayah masing-masing.

"Tolong Kantor Wilayah melakukan pembinaan terhadap UPT-UPT yang ada di bawahnya," pesan Asep.

"Dan semoga kegiatan ini berdampak pada peningkatan kinerja Kementerian Hukum dan HAM, terutama di bidang Reformasi Birokrasi," pungkasnya mengakhiri.

Sementara itu, Kakanwil Tejo Harwanto mengatakan kontribusi jajarannya sangat penting dalam menaikkan indeks reformasi birokrasi.

"RKT RB ini akan menjadi salah satu tolok ukur dalam meningkatkan nilai indeks reformasi birokrasi Kemenkumham, " kata Tejo ditemui Tim Humas.

Hadir pada kegiatan penutupan ini, Inspektur Wilayah II Lilik Sujandi, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto.dan para perwakilan Pimpinan Tinggi Pratama Unit Eselon I. 

Tampak juga Kepala Divisi Administrasi, Anton Edward Wardhana bersama Pimpinan Tinggi Pratama Kemenkumham Jateng dan Kepala Divisi Administrasi se-Indonesia.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut