get app
inews
Aa Read Next : Link Live Streaming Drawing Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Hari Ini

Daftar 31 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Sejak 2010, Dari El Loco hingga Calvin Verdonk

Jum'at, 14 Juni 2024 | 05:28 WIB
header img
Euforia pemain naturalisasi Timnas Indonesia. (Dok PSSI)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Tercatat ada 31 pemain naturalisasi yang bergabung dengan Timnas Indonesia sejak 2010. Proses naturalisasi ini dimulai pada era Ketua Umum PSSI Nurdin yang menjabat dari tahun 2003 hingga 2011. 

Beberapa pemain asing yang memiliki keturunan Indonesia atau telah lama bermain di liga domestik di Indonesia, diberikan kewarganegaraan untuk memperkuat skuad Garuda. 

Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas tim nasional dengan memanfaatkan talenta dari luar negeri yang dianggap memiliki keterampilan dan pengalaman lebih baik.

Ya, kehadiran pemain naturalisasi berhasil mendongkrak performa Timnas Indonesia. Namun, pro-kontra bermunculan seiring semakin masifnya usaha PSSI membawa pemain keturunan memenuhi Tim Garuda.

Di Indonesia, soal naturalisasi diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. 

Berdasarkan jenisnya, naturalisasi dapat dilakukan dengan empat cara, yakni naturalisasi murni, naturalisasi melalui perkawinan, naturalisasi bagi orang yang telah berjasa bagi negara atau dengan alasan kepentingan negara, dan naturalisasi bagi anak berkewarganegaraan ganda yang belum mendaftar atau anak sudah mendaftar tetapi belum memilih kewarganegaraan RI.

Daftar 31 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Sejak 2010

NURDIN HALID
-Christian Gonzales (El Loco)
-Kim Jefry Kurniawan

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut