get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Sopir Pajero Maut di Tol Semarang-Batang: Saya Tak Lihat Ada Truk Berhenti di Bahu Jalan

Daftar 5 PO Bus yang Pemiliknya Mantan Sopir dan Kondektur, Nomor 4 Jual Angkot Beli Armada

Selasa, 18 Juni 2024 | 08:32 WIB
header img
PO Haryanto, pemiliknya merupakan mantan sopir angkot. (IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Ada beberapa pemilik perusahaan otobus (PO) di Indonesia yang ternyata tak hanya dari kalangan pengusaha, tapi ada yang berasal dari sopir dan kondektur.

Selain itu, ada yang memulai usahanya berbekal pengalaman dan tidak menggunakan modal yang besar hingga bisa menjalankan PO.

Berikut ini perusahaan bus yang pemiliknya merintis dari bawah sebagai sopir dan kondektur, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

1. PO Rosalia
Pemilik PO bus Rosalia Indah adalah pasangan suami-istri Yustinus Soeroso dan Yustina Rahyuni asal Palur, Karanganyar, Jawa Tengah.  Sebelum merintis bisnis bus pada 1983, Soeroso sudah terlebih dahulu terjun di dunia transportasi. Ia sempat bekerja sebagai kondektur di PO Timbul Jaya selama hampir 11 tahun.

2. PO Putra Remaja
Pemilik PO Putra Remaja yakni Sutikno pernah bekerja sebagai kondektur di PO Ramayana. Bahkan awal berdiri PO Putra Remaja tidak terlepas dari PO Remaja Express yang pemiliknya adalah adik dari pemilik PO Ramayana.
Saat itu PO Remaja Express yang sudah tidak terawat kemudian dikelola oleh Sutikno pada 1980. Sutikno mendapat 6 unit bus dengan kondisi dua dapat beroperasi sementara 4 lainnya dalam reparasi. Berbekal enam unit bus tadi, PO Putra Remaja terus berkembang hingga kini memiliki 150 unit bus.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut