get app
inews
Aa Read Next : Pemantauan Hilal Awal Ramadhan Digelar 10 Maret di 60 Titik

Menilai Tak Menghalangi Syiar Islam, PBNU Dukung SE Pengeras Suara

Selasa, 22 Februari 2022 | 17:48 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Surat Edaran (SE) Menteri Agama (Menag) Nomor 5 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala mendapat tanggapan dari berbagai kalangan. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ikut memberikan tanggapan atas SE Menag tersebut.

Wakil Ketua Umum (Waketum) PBNU, KH Zulfa Mustofa menilai bahwa kebijakan dalam SE tersebut tidak menghalangi syiar agama Islam. Bahkan menurutnya, SE pengeras suara sejalan dengan hadis nabi untuk tidak menganggu orang lain atas suara pengeras suara bagian luar.

"SE pengaturan pengeras suara tersebut tidak menghalangi syiar agama dan spiritnya adalah mengejawantahkan hadis nabi: Muslim yang baik, adalah yang lisan dan perbuatannya tidak mengganggu orang lain," tulis Zulfa kepada wartawan, Selasa,(22/2/2022).

Maka atas dalil tersebut, PBNU mendukung SE itu, karena menurutnya sejalan dengan prinsip yang dianut NU dimana setiap aturan dan undang undang harus bertujuan tercapainya kemaslahatan bersama seluruh warga negara.

"Sebagaimana Syariat islam itu sendiri sejatinya selalu membawa kemaslahatan, kemudahan, keadilan dan rahmat bagi pemeluknya dan umat manusia,"ucap dia.

Terakhir kepada Kemenag, ia meminta agar SE tersebut disosialisasikan secara masif dan aktif guna memberikan informasi secara utuh kepada umat muslim di Indonesia.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut