get app
inews
Aa Read Next : Badan Terasa Sakit dan Kaku saat Bangun Tidur, Ini 5 Penyebabnya

Olahraga yang Cocok untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Berjalan Kaki hingga Renang

Rabu, 26 Juni 2024 | 09:49 WIB
header img
Ada berbagai jenis olahraga yang cocok untuk usia 40 tahun ke atas guna menjaga kesehatan tubuh. (Foto ilustrasi: Freepik.com)

4. Renang 

Renang adalah olahraga yang sangat cocok untuk semua usia, terutama bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Renang memberikan latihan seluruh tubuh dengan dampak rendah, sehingga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan otot, serta meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. 

Air memberikan dukungan untuk tubuh, mengurangi tekanan pada persendian dan tulang, sehingga cocok bagi mereka yang memiliki masalah persendian atau arthritis. Cobalah untuk berenang secara teratur, setidaknya 2-3 kali seminggu, untuk mendapatkan manfaat optimal. 

5. Latihan Kekuatan 

Latihan kekuatan atau angkat beban adalah olahraga penting untuk menjaga massa otot dan kekuatan tulang, yang cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Latihan kekuatan membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi risiko osteoporosis, dan memperbaiki postur tubuh. 

Anda tidak perlu mengangkat beban yang sangat berat. Anda bisa menggunakan beban ringan atau sedang dan melakukan repetisi yang cukup sudah cukup efektif. Fokus pada berbagai kelompok otot dan pastikan untuk melakukannya dengan teknik yang benar. Anda bisa memulai dengan latihan dasar seperti squats, lunges, push-ups, dan bicep curls. 

6. Pilates 

Pilates berfokus pada kekuatan inti, fleksibilitas, dan kesadaran tubuh secara keseluruhan. Ini melibatkan gerakan terkontrol yang meningkatkan tonus otot dan memperbaiki postur tubuh. Sebuah studi di Journal of Sports Science & Medicine menemukan bahwa pilates secara signifikan meningkatkan fleksibilitas, daya tahan otot perut, dan keseimbangan dinamis. 

Bagi orang yang berusia di atas 40 tahun, pilates dapat membantu mengurangi nyeri punggung bagian bawah, memperbaiki postur tubuh, dan meningkatkan kebugaran fungsional secara keseluruhan.


 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut