get app
inews
Aa Read Next : Suhu Udara Kota Semarang Semakin Panas, Kurangi Aktivitas di Jam Ini!

Waspada! Hujan Lebat Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ini hingga 4 Juli

Jum'at, 28 Juni 2024 | 16:50 WIB
header img
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat dan disertai petir berpotensi terjadi di sejumlah wilayah. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat dan disertai petir berpotensi terjadi di sejumlah wilayah. Fenomena itu diprediksi terjadi mulai 28 Juni hingga 4 Juli 2024. 

BMKG telah memprediksi beberapa wilayah memasuki musim kemarau pada Juni 2024. Namun, BMKG memantau masih terjadi hujan lebat hingga sangat lebat (di atas 100 mm/hari) di beberapa wilayah seperti Papua Selatan, Papua, Riau, Kalimantan Barat, Kepulauan. Bangka Belitung dan Maluku pada dasarian II Juni 2024. 

BMKG menyebut dalam skala global, nilai Indian Ocean Dipole (IOD), The Southern Oscillation Index (SOI), dan Nino 3.4 tidak signifikan terhadap peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

“Madden Julian Oscillation (MJO) berada pada fase 2 (Indian Ocean) netral yang menunjukkan tidak berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia,” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Jumat (28/6/2024). 

BMKG juga melaporkan saat ini aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial terpantau aktif di Sumatera bagian utara hingga tengah, Kalimantan, NTB, NTT, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua Selatan.

Selain itu, gelombang Kelvin terpantau di Sumatera bagian utara, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua Pegunungan. Faktor-faktor ini mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut. 

Oleh karena itu, BMKG meminta sejumlah wilayah Indonesia perlu waspada karena memiliki potensi cuaca signifikan dalam periode 28 Juni - 4 Juli 2024 antara lain, potensi hujan sedang - lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, yakni di: 

1. Aceh, 
2. Sumatera Utara, 
3. Sumatera Barat, 
4. Riau, 
5. Kep. Riau, 
6. Jambi, 
7. Sumatera Selatan, 
8. Kep. Bangka Belitung, 
9. Bengkulu, 
10. Lampung, 
11. Banten, 
12. Jawa Barat, 
13. Jawa Tengah
14. DI Yogyakarta, 
15. Jawa Timur, 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut