Pada klaster komunikasi massa, mereka memiliki peluang sebagai jurnalis, penyiar, produser media, atau analis media di berbagai perusahaan media, dan content creator baik cetak, elektronik, maupun digital.
“Kalau dalam bidang public relations, lulusan dapat berkarir sebagai konsultan PR, manajer komunikasi, atau spesialis hubungan masyarakat di perusahaan swasta, lembaga pemerintah, maupun agensi PR yang berperan penting dalam mengelola citra dan komunikasi strategis suatu organisasi,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Humas Unnes Rahmat Petuguran bahwa kuota Prodi Ilmu Komunikasi adalah 100 calon mahasiswa baru. Dari jumlah tersebut, calon mahasiswa akan diseleksi melalui dua jalur yaitu Seleksi Mandiri UTBK (pendaftaran 17 Juni sampai 12 Juli 2024) dan Seleksi Mandiri Reguler Gelombang 2 (pendaftaran 1 sampai 19 Juli 2024).
Rahmat menjelaskan bahwa Unnes juga masih membuka pendaftaran untuk prodi-prodi lain. Sebanyak 5.388 calon mahasiswa baru akan diterima melalui Seleksi Mandiri. Jumlah tersebut meliputi 75 program studi D3/S1 di sembilan fakultas.
Sebelumnya, Unnes telah menerima mahasiswa melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).
Editor : Ahmad Antoni