get app
inews
Aa Read Next : 5 Stasiun Kereta Paling Angker di Indonesia: No 3 Ada di Semarang, Sering Muncul Penampakan

11 Desa di Indonesia dengan Nama Sayuran, Ada Bawang Banjarnegara hingga Semanggi Solo

Jum'at, 12 Juli 2024 | 12:50 WIB
header img
Kantor Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah (Foto: YouTube/Krishna Bayu Surya Alam)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Berikut ini deretan 11 desa di Indonesia dengan nama sayuran. Ya, beberapa wilayah ini terkenal berkat namanya yang mirip sayur mayur. 

Selain itu juga memiliki tanah yang subur sehingga banyak jenis sayuran yang tumbuh pada wilayah tersebut. 

11 Desa di Indonesia dengan nama sayuran:

1. Kangkung
Kangkung adalah salah satu sayuran yang sangat dikenal masyarakat indonesia. Mudah didapat dan mudah ditanam, serta mudah dimasak dan tentunya enak rasanya. 
Ternyata selain sebagai sayuran, kangkung juga merupakan nama kecamatan dan desa di Kabupaten Kendal dan sebuah desa di Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah. Kangkung juga ditemukan untuk nama sebuah desa di Kecamatan Semendawai Barat, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan.

2. Jengkol
Jengkol merupakan tanaman jenis polong-polongan yang kurang begitu disukai karena baunya. Tapi sebagian masyarakat menyukai Jengkol karena dinilai lezat, bahkan menjadi kuliner khas sebuah wilayah. 
Selain sebagai sayuran, Jengkol rupanya dijadikan nama untuk sebuah desa di Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah lho!

3. Terong
Sayuran yang berasal dari India tersebut banyak digunakan untuk makanan khas dan lalapan di berbagai daerah. Terong juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, terlepas dari itu, Terong pun dikenal sebagai nama desa di Kecamatan Dling, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

4. Pare
Pare merupakan sayuran yang terkenal dengan rasanya yang pahit. Pare kerap disandingkan dengan kuliner Siomay atau dikombinasikan dengan sayuran lainnya. Siapa sangka jika Pare digunakan untuk nama desa di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang dikenal dengan Kampung Inggris.

5. Bawang
Bawang merupakan salah satu bumbu masak yang menjadi kunci kelezatan sebuah masakan. Bahkan, Bawang kabarnya sudah digunakan ribuan tahun lalu. Bawang juga ternyata digunakan sebagai nama dari sebuah kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut