get app
inews
Aa Read Next : Ahmad Luthfi Gelar Rembug Kemajuan Jateng di Ponpes Asshodiqiyah Semarang

Gebyar Muharram, LAZIS Jateng Bersama PLN UID Jateng-DIY Adakan Program Khitanan Massal

Rabu, 17 Juli 2024 | 13:08 WIB
header img
Direktur Fundraising LAZiS Jateng, Iwan Yuniarto saat memberikan sambutan dalam kegiatan Semarak Khitan Ceria di kantor PLN UID Jateng-DIY. (iNews / Mualim)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Dalam rangka menyambut tahun baru hijriah, Lembaga Amil Zakat Al-Ihsan Jawa Tengah (LAZIS Jateng) bekerja sama dengan Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN UID Jateng-DIY menggelar berbagai program sosial bertajuk "Gebyar Muharram". Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Khitanan Massal yang rutin diadakan setiap tahun, terutama saat momen liburan bertempat di kantor PLN UID Jateng-DIY, Jalan Teuku Umar No.47, Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Rabu (17/7/2024).

Direktur Fundraising LAZIS Jateng, Iwan Yuniarto, menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi anak-anak yatim dan dhuafa di Jawa Tengah.

"Kami dari Lazis dengan adanya tahun baru hijriah ini di gebyar Muharram melaksanakan beberapa program, diantaranya Semarak Khitan, Wisata Yatim, dan Belanja Barang Yatim," ujarnya.

Khusus untuk program "Khitan Ceria", LAZIS Jateng bekerja sama dengan PLN dan menargetkan 50 peserta. 

"Untuk program Muharram ini, kita laksanakan di 16 cabang kabupaten atau kota yang ada di Jawa Tengah dengan target penerima manfaat sebanyak 1.446 anak, sesuai dengan tahun baru hijriah itu sendiri," jelas Iwan.

Selain itu, program khitan yang telah terlaksana melibatkan sekitar 200 anak di berbagai daerah. 

"Alhamdulillah, program khitan rutin kami laksanakan setiap tahun. Momentum liburan anak-anak kami manfaatkan untuk melaksanakan khitan, belanja yatim, dan wisata yatim secara rutin," tambahnya.

Tidak hanya di Semarang, kegiatan khitan pada tahun sebelumnya juga dilaksanakan di berbagai Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah. Peserta khitan diharapkan dapat merasakan manfaat dari program ini.

"Kategori peserta adalah anak-anak yatim dan dhuafa. Tujuan kami memberikan program khitan, belanja yatim, dan wisata yatim adalah untuk meringankan beban masyarakat di Jawa Tengah," terang Iwan.

Iwan berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan kolaborasi bersama berbagai instansi dan korporasi. 

Dengan program-program seperti "Khitan Ceria", Wisata Yatim, dan Belanja Barang Yatim, LAZIS Jateng terus berupaya memberikan dukungan kepada anak-anak yatim dan dhuafa di Jawa Tengah, menjadikan momen liburan mereka penuh keceriaan dan manfaat.

"Harapannya, kegiatan-kegiatan ini terus bisa dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan beberapa instansi dan korporasi sehingga kemanfaatannya terus dapat dirasakan secara luas oleh masyarakat, khususnya di Jawa Tengah," ungkapnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta Mochamad Soffin Hadi, mengatakan bahwa Yayasan Baitul Maal (YBM) merupakan lembaga zakat, infaq, dan shodaqoh dari PLN yang menampung zakat mal dan zakat penghasilan pegawai PLN, yang dipotong sebesar dua setengah persen sebelum diterima oleh pegawai yang bersangkutan.

"Semua hasil zakat maal disalurkan kepada kaum yang berhak menerima," ujarnya.

Menurut Soffin, kegiatan sunatan massal ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Anak dan dilaksanakan tidak hanya di Semarang tetapi juga di Cilacap, Kudus, Sukoharjo, dan Salatiga dengan jumlah peserta sebanyak 436 anak.

"Acara ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan barokah serta memberikan nilai kepada anak-anak agar mereka siap menghadapi akil baligh," ungkap Soffin kepada awak media di sela-sela kegiatan.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut