get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Minta Maaf: Saya Tidak Sempurna, hanya Manusia Biasa

Sebelum Membaca Yasin dan Sesudahnya untuk Orang yang Meninggal Dunia, Ini Doanya!

Selasa, 23 Juli 2024 | 09:52 WIB
header img
Doa sebelum membaca Yasin untuk orang yang telah meninggal dunia dapat diamalkan oleh umat Muslim. Foto: ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Doa sebelum membaca Yasin untuk orang yang telah meninggal dunia dapat diamalkan oleh umat Muslim. Doa ini pada dasarnya merupakan tawassul, yang berarti perantara untuk mendekatkan diri kepada Allah agar doa dapat dikabulkan.

Menurut laman NU Online, Kamis (29/2/2024), salah satu cara tawassul adalah dengan menggunakan wasilah orang-orang yang dekat kepada Allah, seperti para nabi, para rasul, sahabat-sahabat Rasulullah SAW, para tabi’in, para syuhada, para ulama, dan para wali atau orang-orang yang dicintai oleh Allah. Hal ini bertujuan agar mereka ikut memohon kepada Allah atas apa yang diminta.

Setelah membaca tawassul, umat Muslim dapat melanjutkan dengan membaca surat Yasin dan kalimat-kalimat thayyibah. Pahala membaca surat tersebut dapat dihadiahkan kepada orang yang sudah meninggal dunia.

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Barang siapa yang memasuki pekuburan, lalu membaca Surat Yasin, Allah akan meringankan siksa bagi penghuni kubur dan bagi yang membaca mendapat pahala kebaikan-kebaikan sejumlah penghuni kubur tersebut.” (HR Abdul Aziz).

Dalam hadits lain juga dijelaskan bahwa mengirimkan pahala bacaan ayat Al-Qur'an atau kegiatan peribadatan lain boleh dilakukan umat Islam. Hal itu sesuai dengan hadits riwayat Aisyah radhiyallahu anha, yang berbunyi:

أَنَّ رَجُلاً أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ أُمِّيَ افْتُلِتَتْ نَفْسَهَا، وَلَمْ تُوصِ وَأَظُنُّهَا لَوْ تَكَلَّمَتْ تَصَدَّقَتْ. أَفَلَهَا أَجْرٌ إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا. قَالَ نَعَمْ 

Artinya: Seseorang mendatangi Nabi shallallahu alaihi wasallam, lalu berkata, “Hai Rasulullah. Sesungguhnya ibuku meninggal dalam keadaan tiba-tiba, dan belum berwasiat. Saya rasa seandainya sebelum meninggal dia sempat berbicara, dia akan bersedekah. Apakah dia mendapatkan pahala jika saya bersedekah untuknya?” Rasul bersabda, “Ya.”

Doa Sebelum Baca Yasin untuk Orang Meninggal

Berikut ini adalah doa sebelum membaca surat Yasin untuk orang sudah meninggal dunia.

إلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وَاَزْوَخِهِ وَاَوْلَادِه وذُرَّيَّا تِهِ اَلْفَاتِحَه

Ilaa hadhrotin Nabiyyil Mushthofaa, Muhammadin shollallohu 'alaihi wa sallam, Wa aalihii wa azwaajihii wa aulaadihii wa dzurriyaatih, Al-Faatihah. 

Dilanjutkan membaca surat Al Fatihah.

Kemudian membaca:

وَاِلَى اَرْوَاحِ سَيِّدِنَا اَبِيْ بَكْرٍوَّعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ وَاَلَى بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِاَجْمَعِيْنَ اَلْفَاتِحَه

Wa ilaa arwaahi Sayyidinaa Abii Bakriw wa 'Umar, Wa 'Utsmaana wa 'Ali, Wa alaa baqiyyatish shohaabati ajma'iin, Al-Faatihah.

Dilanjutkan membaca surat Al Fatihah.

Kemudian membaca:

مَّ إِلَى حَضْرَةِ اِخْوَانِهِ مِنَ الْأَنْبِيَاءِوَالْمُرْسَلِيْنَ وَالْأَوْلِيَاءِ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالْعُلَمَاءِ وَالْمُصَنِّفِيْنَ وَجَمِيْعِ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ خُصُوْصًا سَيِّدِنَا شَيْخِ عَبْدِ الْقادِرِ الجَيْلَانِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَلْفَاتِحَه

Tsumma ila hadh roti ikhwaanihi minal ambiyaa-i wal mursaliin, Wal auliyaa-i wasy syuhadaa-i wash sholihiin, Wash shohaabati wat taabi'iin, Wal 'ulamaa-i wal mushonnifiin, Wa jamii'il malaa ikatil muqorrobiin, Khushuushon Sayyidina Syaihkh 'Abdil Qoodiri Jailaani rodiyalloohu 'anhu, Al-Faatihah.

Dilanjutkan membaca surat Al Fatihah.

Kemudian membaca:

ثُمَّ إِلَى جَمِيْعِ أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَاوَبَحْرِهَا خُصُوْصًا أَبَاءَنَا وَأَمَّهَاتِنَا وَأَجْدَنَا وَجَدَّاتِنَا وَهَشَايِخَنَا وَمَشَايِخَ مَشَايِخِنَا وَلِمَنِ اجْتَمَعْنَا هَهُنَا بِسَبَبِهِ وَخُصُوْصًا إِلَى رُوْحِ.....، لَهُمُ الْفَاتِحَةُ

Tsumma ila jamii'i ahlul qubuur, Minal muslimiina wal muslimaat, Wal mu-miniina wal mu-minaat, Min masyaariqil Ardhi ilaa maghooribihaa, Barrihaa wa bahrihaa, Khushuushon abaa-anaa wa ummahaatinaa, Wa ajdaadanaa wa jaddaatinaa, Wa hasyaa yikhanaa wa masyayikha masyaa yikhinaa, Wa limanijtama'naa hahunaa bisababih, Wa khushuushon ilaa ruuhi (nama si mayit).

Lahumul Faatihah.

Artinya:
“Untuk yang terhormat Nabi Muhammad SAW, segenap keluarga, dan saudaranya dari kalangan pada nabi, rasul, wali, syuhada, orang-orang saleh, sahabat, tabi'in, ulama al-amilin, ulama penulis yang ikhlas, semua malaikat Muqarrabin, kemudian semua ahli kubur Muslimin, Muslimat, Mukminin, Mukminat dari Timur ke Barat, baik di laut dan di darat, khususnya bapak kami, ibu kami, kakek kami, nenek kami, guru kami, pengajar dari guru kami, ustadz kami, pengajar ustadz kami, mereka yang telah berbuat baik kepada kami, dan bagi ahli kubur/arwah yang menjadi sebab kami berkumpul di sini. Bacaan Al-Fatihah ini kami tujukan kepada Allah dan pahalanya untuk mereka semua. Al-Fatihah…”

Dilanjutkan membaca surat Al Fatihah.

Kemudian membaca membaca surat Yasin.

Doa Setelah Membaca Yasin untuk Orang Meninggal

اللّٰهُمَّ اِنّٓا نَسْتَحْفِظُكَ وَ نَسْتَوْدِعُكَ اَدْيَانَنَا وَاَنْفُسَنَا وَاَهْلَنَا وَاَوْلَادَنَا وَاَمْوَالَنَا وَكُلِّ شَيْءٍ اَعْطَيْتَنَا. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ فِى كَنَفِكَ وَاَمَانِكَ وَجِوَارِكَ وَعِيَاذِكَ مِن كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيدٍ وَذِى عَيْنٍ وَذِى بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِى شَرٍّ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. اَللّٰهُمَّ جَمِّلْنَا بِالْعَافِيَةِ وَالسَّلَامَةِ وَحَقِّقنَا بِالتَّقْوٰى وَالْاِسْتِقَامَةِ وَاَعِذْناَ مِنْ مُوجِبَاتِ النَّدَامَةِ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِاَوْلَادِنَا وَمَشَايِخِنَا وَلِاِخْوَانِنَا ِفِى الدِّينِ وَلِاَصْحَابِنَا وَاَحْبَابِنَا وَلِمَنْ اَحَبَّنَا فِيكَ وَلِمَنْ اَحْسَنَ اِلَيْنَا وَ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ يَارَبَّ العَالَمِيْنَ. وَصَلِّ اَللّٰهُمَّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ. وَارْزُقْنَا كَمَالَ الْمُتَابَعَةِ لَهُ وَظَاهِرًا وَبَاطِنًا فِي عَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Artinya: Ya Allah, kami memohon penjagaan-Mu dan menitipkan kepada-Mu agama kami, dari kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta benda kami, dan apa saja yang telah engkau berikan kepada kami. Ya Allah, semoga Engkau menjadikan kamu dalam penjagaan, tanggungan, kedekatan, dan perlindungan-Mu dari godaan setan yang menggoda, orang yang kejam, zalim dan durhaka, dan dari kejahatan penjahat, sesungguhnya Engkau adalah maha kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, baguskanlah kami dengan kesehatan dan keselamatan, dan sejatikanlah kami dengan takwa dan istiqamah, jagalah kami dari penyesalan, karena sesungguhnya Engkau maha mendengarkan doa. Ya Allah, ampunilah kami, kedua orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudari kami seagama, sahabat-sahabat kami, kekasih-kekasih kami, orang yang mengasihi kami karena Engkau, dan kepada siapa saja yang berbuat baik kepada kami, orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan dan orang-orang yang beragama Islam, laki-laki dan perempuan, wahai Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada hamba dan utusan-Mu, yaitu junjungan kami Nabi Muhammad SAW, serta para keluarga dan sahabatnya. Dan limpahkan kepada kami kesempurnaan mengikutinya latih dan batin, dalam keadaan sehat dan selamat dengan rahmat-Mu wahai sebaik-baik penyayang dari para penyayang.

Itulah doa sebelum dan sesudah membaca Yasin untuk orang yang meninggal dunia. Wallahu a'lam bish shawab.

 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut