get app
inews
Aa Read Next : Viral, Detik-detik Mengerikan Pria di Pemalang Nekat Tabrakkan Diri ke KA

Tingkatkan Status Gizi Anak Sekolah Dasar, JAPFA for Kids Hadir di Pemalang

Kamis, 01 Agustus 2024 | 14:15 WIB
header img
PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) melalui anak usahanya, PT Ciomas Adisatwa (Ciomas), menggelar program JAPFA for Kids di Kecamatan Ampelgading, Pemalang. (IST)

PEMALANG, iNewsSemarang.id - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) melalui anak usahanya, PT Ciomas Adisatwa (Ciomas), menggelar program JAPFA for Kids di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. 

Kegiatan ini melibatkan 10 sekolah dasar yang tersebar di beberapa wilayah di Kecamatan Ampelgading, yakni SDN 01 Kebagusan, SDN 02 Kebagusan, SDN 03 Kebagusan, SDN 01 Cibiyuk, SDN 01 Jatirejo, SDN 02 Jatirejo, SDN 03 Jatirejo, SDN 02 Ujunggede, SDN 03 Ujunggede, dan SDN 01 Losari. 

Program yang bertujuan untuk pembiasaan hidup sehat dan peningkatan status gizi anak-anak sekolah dasar ini mendapat respons positif dan dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat.

Bertempat di lokasi fasilitas RPA Ciomas, kegiatan kick-off Hari Sehat JAPFA dilakukan untuk menandai dimulainya rangkaian kegiatan JAPFA For Kids. 

Rangkaian kegiatan diawali dengan penandatanganan MoU bersama antara JAPFA dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang sebagai wujud komitmen bersama untuk mencapai tujuan program. 

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan simulasi Hari Sehat JAPFA dengan melibatkan sekitar 100 orang perwakilan siswa dari sekolah dampingan JAPFA for Kids. 

 “Kami mengucapkan terima kasih kepada JAPFA atas kepeduliannya terhadap lingkungan dan masyarakat kami. Melalui JAPFA for Kids, kami berharap anak-anak kami mendapatkan manfaat prositif dan kami berharap program ini dapat dilanjutkan bahkan diperluas ke wilayah kami lainnya,” kata Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, ST., M.Ling

Lebih dari 15 tahun, JAPFA for Kids berkomitmen untuk meningkatkan status gizi dan mendorong perubahan perilaku anak Indonesia. Program ini memiliki tujuan utama untuk mengurangi angka malnutrisi anak di sekolah dasar binaan JAPFA. Berdasarkan hasil self-screening status gizi oleh sekolah, terdapat sekitar 13,03% siswa malnutrisi yang tersebar di 10 sekolah dasar yang menjadi target program.

Dalam program ini, JAPFA melakukan pendampingan intensif untuk memastikan peningkatkan status gizi anak dengan distribusi dan memastikan konsumsi telur satu hari satu telur untuk anak malnutrisi. Targetnya, di akhir Desember sejumlah 80% anak sudah dientaskan dari kasus malnutrisi anak. 

"Kami menargetkan tidak ada lagi siswa malnutrisi di sekolah sekitar unit usaha JAPFA. Target ini hanya bisa dicapai dengan adanya kolaborasi bersama antara JAPFA, sekolah dan juga orang tua murid. Perangkat sekolah harus turut memastikan anak malnutrisi mendapatkan satu hari satu telur, sementara orang tua harus memastikan anak mengkonsumsi telur,” Vice President Head of Social Investment JAPFA, R. Artsanti Alif

Selain menargetkan pengurangan status gizi anak yang malnutrisi, program JAPFA for Kids juga memastikan tumbuhnya empat pilar gizi seimbang di sekolah. Upaya tersebut dilakukan dengan pelaksanaan Hari Sehat JAPFA seminggu sekali di semua sekolah dampingan JAPFA. 

Hari Sehat JAPFA merupakan intervensi perubahan perilaku yang disiapkan oleh JAPFA dengan pembiasaan. Kegiatan utamanya yakni senam Gizi Seimbang untuk semua siswa, yang diikuti dengan Makan Bekal bersama. Dalam rangkaian kegiatan makan bekal bersama juga disampaikan edukasi mengenai keragaman pangan melalui kegiatan cek bekal, lalu terdapat pula edukasi cuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta edukasi terkait kebersihan diri. Setiap bulannya, sekolah wajib melakukan pengukuran Berat Badan dan Tinggi Badan yang diinput pada aplikasi JAPFA for Kids untuk menentukan status Gizi. 

Head of Poultry Processing JAPFA, Soetanto menambahkan kegiatan JAPFA for Kids merupakan bentuk nyata dari upaya kami untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan anak-anak di sekitar unit kami. 

“Ide ini berawal dari keinginan kami untuk memberikan dampak positif langsung kepada masyarakat. Kami percaya bahwa anak-anak adalah aset masa depan, karenanya kami berharap dengan adanya program ini dapat membantu mewujudkan generasi Indonesia unggul,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut