get app
inews
Aa Read Next : KA Argo Bromo Anggrek Tertemper Minibus di Pelintasan Alastua-Tawang, 5 Orang Luka-luka

HUT ke-110 Stasiun Semarang Poncol, KAI Daop 4 Berikan Kejutan ke Pelanggan KA

Rabu, 07 Agustus 2024 | 10:25 WIB
header img
Dalam rangka memperingati HUT ke-110 Stasiun Semarang Poncol, pada Selasa (6/8) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menggelar berbagai rangkaian kegiatan. (IST)


SEMARANG, iNewsSemarang.id - Dalam rangka memperingati HUT ke-110 Stasiun Semarang Poncol, pada Selasa (6/8) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menggelar berbagai rangkaian kegiatan.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan dalam peringatan ini para pelanggan KA yang sedang menunggu kedatangan KA nya dihibur dengan live musik bergenre kroncong modern. “Selain itu juga ada pemberian surprise gift kepada para penumpang beruntung di Stasiun Semarang Poncol,” ujarnya, Selasa (6/8) malam.

Puncak peringatan HUT ke-110 Stasiun Semarang Poncol ditandai dengan tasyakuran pemotongan tumpeng oleh Kepala Daop 4 Semarang KAI Daniel Johannes Hutabarat beserta jajaran yang bertempat di depan Monumen Lokomotif D301 Stasiun Semarang Poncol.

Stasiun Semarang Poncol resmi beroperasi sejak 6 Agustus 1914 dengan nama “Semarang West” yang dioperasikan oleh perusahaan kereta api swasta colonial Zustermaatschappijen bernama SCS (Samarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij). Stasiun ini dirancang oleh arsitek kenamaan Belanda, Henry Maclaine Pont. 

Bangunan stasiun ini memiliki bangunan utama di tengah serta bangunan sayap. Pada fasad bangunan utama, awalnya terdapat dekorasi ubin hitam dan abu bertuliskan SCS dan 1914. Bangunan stasiun dinaungi overkaping berbahan besi yang diproduksi oleh De Vries Robbe di Gorinchem.

Semasa perang kemerdekaan, Stasiun Semarang Poncol mempunyai peran penting. Pegawai Stasiun Semarang Poncol saat itu sigap mengungsikan lokomotif-lokomotif di depo ke Stasiun Kedungjati. Hal ini dilakukan agar sarana perkeretaaian tidak kembali dikuasai oleh musuh.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut