get app
inews
Aa Read Next : Viral Kisah Haru Nenek di Semarang Wujudkan Mimpi Lulus S3, Seminggu usai Wisuda Meninggal

Viral, Wisudawan UGM Menyerukan Peringatan Darurat saat Memberikan Sambutan di Acara Wisuda

Kamis, 29 Agustus 2024 | 16:13 WIB
header img
Viral pidato wisudawan UGM menyerukan Peringatan Darurat. Foto: tangkapan layar X

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Video pidato seorang mahasiswi yang memprotes keadaan darurat konstitusi menjadi viral di media sosial setelah acara wisuda Universitas Gadjah Mada (UGM). Unggahan tersebut dibagikan oleh akun @timpenguinnas pada Rabu (28/8/2024).

Dalam pidatonya, mahasiswi tersebut menekankan pentingnya pesan yang ingin disampaikannya kepada ribuan akademisi UGM sebelum mengakhiri sambutannya.

"Sebelum saya menutup sambutan pagi ini, izinkan saya menyampaikan satu hal yang sebelumnya tidak ada dalam topik pidato saya. Namun, menurut saya, ini sangat penting untuk disampaikan saat ini," katanya dalam video tersebut.

Dia kemudian melanjutkan, "Hari ini kita resmi menjadi alumni Universitas Gadjah Mada, yang merupakan cikal bakal para tokoh hebat yang akan mewarnai Indonesia di masa depan."

Mahasiswi itu juga mengingatkan kepada rekan-rekannya agar tetap waspada dalam menjaga konstitusi, mengingat kondisinya yang dianggap darurat. Pidato tersebut memicu riuh tepuk tangan dari para hadirin wisuda.

"Di hari ini, saya berharap kita sebagai generasi muda bisa menjaga keberanian dan semangat kita. Di momen krusial bagi negeri ini, mari kita bersatu untuk menjaga demokrasi yang sedang darurat," ujarnya, disambut dengan tepuk tangan meriah dari para wisudawan.

Selain itu, mahasiswi tersebut memuji dukungan dari civitas akademika UGM terkait aksi demonstrasi #PeringatanDarurat. "Terima kasih kepada UGM dan ribuan akademisinya atas pernyataan tegas mereka menolak lemahnya konstitusi," ujarnya.

Pidato tersebut mendapatkan berbagai tanggapan dari netizen:

"Tapi kan UGM (alumninya) juga jadi bagian dari darurat konstitusi," komentar salah seorang netizen.

"Dulunya Mulyono adalah salah satu dari ribuan mahasiswa yang pernah diwisuda di gedung itu. Semoga pidato ini menjadi pengingat untuk semua," tulis netizen lainnya.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut