get app
inews
Aa Read Next : Kocak! Siswa SMA Ini Lari ke Kantor Damkar gegara Jempol Tangan Kejepit Kipas Angin

Ngeri! Telapak Tangan Karyawan Ini Terjepit Mesin Penggiling Daging, Evakuasi Berlangsung Dramatis

Kamis, 19 September 2024 | 16:49 WIB
header img
Tim dokter mencoba mengeluarkan telapak tangan karyawan yang terjepit mesin penggilingan, namun kesulitan akhirnya minta bantuan Tim SAR. (Dok Basarnas)

TEGAL, iNewsSemarang.id – Nahas dialami M. Sidni Arizoo (17) seorang karyawan sebuah usaha penggilingan daging untuk bakso mengalami kecelakaan kerja

Maksud hati hendak membersihkan pisau penggiling dari tulang yang nyangkut, namun jarinya turut ketarik mesin. Akibatnya sebagian besar telapak kirinya masuk ketarik kedalam mesin penggiling. 

Kecelakaan kerja tersebut terjadi pada kamis (19/9/24) pagi di penggilingan daging di Desa Tuwel Slawi Tegal. Korban sebenarnya sudah dibawa ke rumah sakit daerah Dr. Soeselo Slawi Kabupaten Tegal namun karena rumah sakit kesulitan dalam membuka mesin penggilingnya akhirnya memanggil tim SAR

"Kami mendapatkan info ada orang dengan telapak tangan terjepit mesin penggiling daging dan membutuhkan alat untuk memotong mesin penggiling itu sehingga kami kirimkan satu tim lengkap dengan alat ekstrikasi untuk melakukan evakuasi,” kata Budiono, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang. 

Tim SAR akhirnya tiba di RS. Soeselo dan segera melakukan pertolongan. Tim awalnya berhasil memotong plat yang merupakan bagian dari mesin penggiling dengan peralatan ekstrikasi. 

Namun saat hendak mengeluarkan tangan korban dari penggilingan, tim harus bertindak hati-hati karena bila tidak tepat penanganan, telapak tangan korban bisa lebih parah cederanya.  

Tim setelah dengan berbagai pertimbangan akhirnya mencoba kembali melakukan pelepasan telapak korban dari mesin penggiling bersama dengan para dokter ruang bedah RS. Soeselo. Sekira pukul 12.04 WIB akhirnya telapak tangan korban bisa dilepas dari mesin.

"Tindakan itu sendiri dilakukan di ruang bedah RS. Soeselo karena korban harus dibius total untuk menghindari rasa sakit dan cepat penanganan bila terjadi trouble. Terimakasih untuk tim atas usahanya sehingga korban lekas tertangani,” ujarnya.

Saat ini korban yang merupakan warga Karangjambu, Balapulang Tegal tersebut telah ditangani oleh dokter RS. Soeselo Slawi di ruang operasi untuk penanganan medis lebih lanjut.
 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut