get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Potensi Cuaca Ekstrem Landa Sejumlah Wilayah di Jawa Tengah pada 23-25 September

Awas Tenggelam! Penurunan Tanah di Jawa Tengah Ternyata Lebih Parah dari Jakarta

Selasa, 24 September 2024 | 13:51 WIB
header img
Sejumlah warga maupun pekerja pelabuhan saat menumpang di atas truk trailer saat banjir rob menggenangi pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis (26/5/2022). (Foto: doc iNews.id)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Rencana pembangunan Giant Sea Wall Jakarta - Gresik, Jawa Timur cukup realistis jika dilihat dari kondisi penurunan muka tanah. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bob Arthur Lombogia

Menurutnya, kondisi penurunan muka tanah di wilayah pesisir utara Jawa lebih parah jika dibandingkan dengan kondisi penurunan muka tanah yang ada di Jakarta, terutama di wilayah Jawa Tengah. Jika penurunan muka tanah di Jakarta sendiri 10 cm per tahun, maka di Jawa Tengah bisa 14 cm per tahun.

"Kalau ide untuk (bangun Giant Sea Wall Jakarta - Gresik), itu satu hal yang rasional juga, karena disana turun juga, jadi Jakarta dan Jawa Tengah itu turunnya parah (permukaan muka tanah)," katanya saat dihubungi MNC Portal, Selasa (24/9/2024).

Kondisi ini, kata dia, akan mengancam wilayah pesisir yang terdampak banjir rob. Sebab jika terus terjadi penurunan muka tanah, maka permukaan air laut akan lebih tinggi dibandingkan dengan daratan.

Saya kira ada pertimbangan, salah satunya itu ada penurunan muka tanah juga di Jawa Tengah, bahkan di sana lebih tinggi (dari Jakarta), ada yang sampai 14 cm per tahun, itu di daerah semarang dan demak," tambah Bob.

Meski demikian, Bob mengaku sejauh ini memang belum ada komunikasi yang dibangun dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto yang mencanangkan pembangunan Giant Sea Wall Jakarta - Gresik tersebut. Namun akan cukup baik jika dibangun untuk menahan dan mengantisipasi banjir rob yang terjadi di pesisir jawa.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut