get app
inews
Aa Read Next : Nana Sudjana Kukuhkan 6 Penjabat Sementara Kepala Daerah jelang Kampanye Pilkada, Ini Daftarnya

Peparnas XVII 2024 Resmi Dimulai, Presiden Jokowi: Panggung Kesetaraan bagi Disabilitas

Senin, 07 Oktober 2024 | 08:36 WIB
header img
Defile kontingen saat pembukaan Peparnas XVII di Stadion Manahan Solo, Minggu (6/10) malam. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah, resmi dimulai. Gelaran olahraga empat tahunan tersebut dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Manahan Kota, Surakarta pada  Minggu (6/10/2024) malam.

Perhelatan olahraga ini diikuti oleh sebanyak 35 kontingen yang berasal dari 35 provinsi. Total atlet dan offisialnya sebanyak 5.178 orang. Mereka akan berlaga untuk 20 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada 6-13 Oktober 2024.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengajak masyarakat ikut menyukseskan Peparnas XVII. Ajang ini merupakan tempat kelahiran atlet-atlet potensial dan pencetak rekor baru. Peparnas juga sebagai panggung kesetaraan bagi disabilitas.

Ia juga menyerukan agar seluruh atlet dan ofisial bertanding dalam suasana persaudaraan dan berjuang dengan semangat sportivitas.

"Kita patut bangga karena atlet penyandang disabilitas Indonesia daya juangnya luar biasa. Prestasinya juga membanggakan, Indonesia tiga kali berturut-turut juara umum ASEAN Para Games," katanya. 

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana berpesan agar seluruh peserta bertanding dengan penuh semangat, menjunjung tinggi fair play, dan dapat mengukir prestasi.

"Selamat bertanding secara fair. Gunakan kesempatan ini untuk mengukir prestasi," kata Nana Menurutnya, Jawa Tengah selaku tuan rumah  sudah menyiapkan semuanya perhelatan ini. Pihaknya siap melayani atlet,  ofisial, pendamping, maupun penonton yang mengikuti pertandingan. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut